Multiplayer Online Game adalah jenis permainan yang membolehkan pemain melakukan kegiatan interaktif dengan pemain yang lain menggunakan jaringan internet. kegiatan interaktif tersebut dapat berupa pemain melawan pemain, atau pemain melawan kecerdasan buatan. Tetapi dalam Multiplayer Online Game, lag adalah permasalahan yang sangat sering ditemukan dalam setiap pemain sehingga membuat pemain merasa terganggu dan meninggalkan kesan buruk dalam bermain. Untuk meneliti kesan dan pengalaman pemain dalam permasalahan ini adalah melakukan penelitian Quality of Experience. Seluruh kegiatan dalam jaringan tidak akan berjalan tanpa penghubung antara perangkat game console dengan internet seperti HTTP Web Server. Dalam penelitian ini penerapan HTTP Web Server dilakukan untuk meningkatkan kinerja dan tingkat kepuasan pengguna multiplayer online game, dan metode Mean Opinion Score (MOS) digunakan untuk merekam data yang diperlukan guna menganalisis QoE. Diperoleh hasil QoE dari permainan Pingpong sebesar 4.07 satuan MOS dan dalam permainan Tictactoe sebesar 4.16 satuan MOS. Dapat disimpulkan juga pada permainan Pingpong bahwa parameter RTT, Jitter, Retransmission, dan Delay berpengaruh pada hasil QoE dan pada permainan Tictactoe hanya RTT, dan Jitter yang memiliki pengaruh pada hasil QoE.