ABSTRAK
Adanya informasi yang lengkap, akurat, serta tepat waktu dapat memungkinkan investor untuk melakukan pengambilan keputusan secara rasional sehingga hasil yang diperoleh sesuai dengan apa yang diharapkan. Salah satu informasi yang sering diminta untuk diungkapkan oleh perusahaan yaitu mengenai tanggung jawab sosial perusahaan atau disebut Corporate Social Responsibility.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas dan leverage terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) baik secara simultan maupun parsial. Populasi dalam penelitian ini adalah 330 perusahaan sektor jasa yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2014-2017. Dengan menggunakan metode purposive sampling, sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 8 perusahaan pertahun. Metode analisis yang digunakan adalah regresi data panel.
Hasil penelitian ini, ukuran perusahaan, profitabilitas dan leverage berpengaruh secara simultan terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR). Secara parsial variabel ukuran perusahaan dan profitabilitas berpengaruh negatif terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR), sedangkan leverage tidak berpengaruh terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR).
Kata Kunci: Leverage, Profitabilitas, Pengungkapan Corporate Social Responsibility, Ukuran Perusahaan