ABSTRAK
Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) yang ada dalam perusahaan saat ini tidak hanya berpaku pada single line, yang lebih mengacu pada kondisi keuangan saja. Tetapi bagaimana perusahaan bisa mengatur keberlanjutan perusahaan secara triple bottom line, yaitu kondisi keuangan, lingkungan, dan sosial masyarakat. Berbagai permasalahan CSR di Indonesia pun bermunculan antara lain jangkauan pelaksanaan program CSR di Indonesia belum merata, tidak hanya itu CSR di Indonesia dinilai belum berdampak signifikan terhadap kehidupan masyarakat.
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris mengenai pengaruh kepemilikan saham publik dan ukuran perusahaan terhadap pengungkapan corporate social responsibility. Objek penelitan yang digunakan adalah pada perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2014-2016.
Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi data yang bersumber pada laporan tahunan yang dipublikasikan melalui Bursa Efek Indonesia. Berdasarkan pengumpulan sampel menggunakan teknik purposive samplingdidapatkan jumlah sampel dari penelitian ini sebanyak 11 perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursan Efek Indonesia tahun 2014-2016.
Berdasarkan hasil pengujian menggunakan software Eviews 8.0, secara simultan variabel independen yang terdiri dari kepemilikan saham publik dan ukuran perusahaan memiliki pengaruh signifikan terhadap pengungkapan corporate social responsibility. Sedangkan pengujian parsial, menunjukan hasil bahwa kepemilikan saham publik dan ukuran perusahaan berpengaruh signifikan ke arah positif terhadap pengungkapan corporate social responsibility.
Berdasarkan hasil penelitian, diharapkan perusahaan lebih peduli terhadap tanggung jawabnya terhadap sosial dan lingkungan, tidak hanya ekonomi semata secara berkala dan berkelanjutan. Perusahaan diharapkan terus melaporkan laporan keberlanjutan sehingga para stakeholders mendapat informasi yang cukup.
Kata Kunci: Kepemilikan Saham Publik, Ukuran Perusahaan, Pengungkapan corporate social responsibility