Dalam proses mendidik anak dikatakan berhasil jika anak mempunyai motivasi dalam belajar. Sehingga, diperlukan metode penyajian yang menarik untuk dapat meningkatkan motivasi dalam belajar. Oleh karena itu, diperlukan perangkat permainan kuis true-false untuk menciptakan susana belajar untuk anak yang berbeda. Perangkat permainan true-false biasa digunakan untuk menguji kemampuan explorasi anak dan meningkatkan kognitif pelajaran untuk anak. Permainan kuis true-false tidak hanya digunakan dilingkungan pendidikan saja, namun sudah banyak diimplementasikan ke dalam smartphone. Walaupun permainan kuis true-false sudah banyak digunakan, tetapi permainan kuis true-false saat ini hanya berfokus meningkatkan nilai kognitif anak saja. Sehingga perangkat ini belum efektif dan efisien untuk meningkatkan motivasi intrinsik anak-anak. Berdasarkan masalah ini, solusi untuk mengatasinya yaitu membuat perangkat permainan kuis true-false interaktif yang terintegrasi dengan Internet of Things. Perangkat ini nantinnya akan membuat anak berkontak langsung dengan penggunan lain dan melatih motorik pada anak. Perangakat ini menggunakan mikrokontroler sebagai masukan dan aktuator sebagai keluaran. Perangkat ini nantinya akan dibantu infrastruktur IoT. IoT yang digunakan dalam Pendidikan yaitu IoET meskipun IoET ini biasa digunakan di negara maju tetapi teknologi ini baik digunakan untuk perkembangan negara berkembang [1]. Keluaran dari aktuator yaitu air di setiap bagian yang digunakan. Aktuator ini ditempatkan di dua bagian yang ada yaitu true dan false, aktuator ini menerima masukan dari pernyataan yang disediakan, anak memilih bagian yang dirasa benar dari pernyataan yang disediakan sehingga perangkat ini membantu anak untuk berinteraksi sosial antar penggunanya dan melatih motorik pada anak. Dengan begitu penelitian permainan kuis true-false ini selain meningkatkan kognitif pada anak, permaian kuis true-fals ini juga melatih keterampilan interaksi sosial dan melatih motorik pada anak.