Aplikasi Tata Ruang dan Letak Furniture berbasis Augmented Reality

PIKA ANTIAS

Informasi Dasar

142 kali
19.06.526
729
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Teknologi informasi merupakan elemen penting dalam kehidupan manusia. Manusia semakin mengandalkan teknologi dalam setiap aktivitas kegiatannya dan salah satu perangkat teknologi yang digunakan adalah smartphone. Teknologi informasi telah menjadi fasilitas utama di berbagai kehidupan dimana memberikan pengaruh besar terhadap perubahan - perubahan dan salah satunya didalam bidang desain interior. Desain interior merupakan sebuah ilmu yang mempelajari perencanaan tata letak dan perancangan ruang dalam sebuah bangunan. Dalam mendesain sebuah ruangan desainer selama ini hanya dapat menggambarkannya dalam sebuah kertas dan langsung mengimplementasikannya tanpa bisa mencoba - coba terlebih dahulu dalam menata suatu ruangan harus dapat menentukan letak yang sesuai untuk sebuah objek agar objek yang akan dimasukkan dapat sesuai dengan keadaan ruangan. Masalah yang sering dihadapi oleh para desainer untuk merancang tata letak pada sebuah ruangan adalah tidak adanya objek nyata dalam waktu yang bersamaan perancangan tersebut dan hanya terkesan virtual saja. Penerapan Augmented Reality dalam aplikasi tata ruang dan letak furniture dapat menjadi alternatif media baru dalam penyampaian informasi dengan menggunakan objek 3D yaitu furniture dengan memanfaatkan teknologi AR desainer dapat mencoba terlebih dahulu furniture yang akan diletakkan dalam ruangan tersebut sehingga para desainer bisa menyesuaikan tata letak furniture. Dari hasil data pengujian yang sudah dilakukan penulis memperoleh kesimpulan bahwa aplikasi ini dapat membantu user dalam mensimulasikan penataan ruangan dan mempermudah pengguna dalam merencanakan, menata dan merancang ruang-ruang interior karena dapat menghemat waktu dalam menata ruangan.

Kata kunci: smartphone, augmented reality, Unity3D, furniture, virtualisasi, desain

Subjek

DESAIN INTERIOR
 

Katalog

Aplikasi Tata Ruang dan Letak Furniture berbasis Augmented Reality
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

PIKA ANTIAS
Perorangan
Rahmadi Wijaya
 

Penerbit

Universitas Telkom, D3 Rekayasa Perangkat Lunak Aplikasi
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

  • DIG3J3 - PROYEK AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini