ANALISIS MOTIF DONATUR KAMPANYE #RACHELUNTUKDONGGALA MELALUI AKUN RACHEL VENNYA DALAM PLATFORM KITABISA.COM

GUSNAELLY FITRYATI ADILLA

Informasi Dasar

137 kali
19.04.4148
302.207 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kitabisa.com merupakan platform crowdfunding yang memiliki peringkat pertama dan berhasil mendanai proyek sosial. Salah satu kampanye bernama Racheluntukdonggala yang dimiliki oleh influencer, Rachel Vennya, berhasil mengumpulkan target donasi hingga 101% yaitu sebesar Rp 804.357.444 dengan 7.064 orang donatur. Dengan jumlah target yang sudah terlampaui, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana motif donatur kampanye #Racheluntukdonggala melalui akun Rachel Vennya dalam platform Kitabisa.com. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian kualitatif dan menggunakan paradigma post-positivisme. Dalam mengumpulkan data peneliti menggunakan metode wawancara kepada tiga orang informan primer dan satu orang informan sekunder yaitu seorang psikologi komunikasi. Hasil penelitiannya adalah (1)Motif Ingin Tahu, para informan mengetahui informasi tentang bencana di Palu dan Donggala melalui berbagai media, salah satunya akun Instagram Rachel Vennya. (2)Motif Cinta, hati para informan tergerak untuk berdonasi. (3)Motif Harga diri dan Kebutuhan untuk Mencari Identitas, para informan berbagi cerita kepada orang-orang terdekatnya bahwa mereka sudah melakukan donasi bagi korban bencana di Palu dan Donggala. (4)Kebutuhan akan Nilai, Kedambaan dan Makna Kehidupan, para informan menjunjung nilai sosial yang dijadikan prinsip dalam hidupnya. (5)Kebutuhan Pemenuhan Diri, adanya kepuasan tersendiri yang dirasakan oleh para informan setelah membantu para korban bencana di Palu dan Donggala. (6)Kepercayaan, para informan memiliki rasa kepercayaan yang cukup tinggi kepada Rachel Vennya Kata Kunci : Motif, Psikologi Komunikasi, Crowdfunding, Influencer.

Subjek

Communication-psychology
 

Katalog

ANALISIS MOTIF DONATUR KAMPANYE #RACHELUNTUKDONGGALA MELALUI AKUN RACHEL VENNYA DALAM PLATFORM KITABISA.COM
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

GUSNAELLY FITRYATI ADILLA
Perorangan
ITCA ISTIA WAHYUNI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Ilmu Komunikasi
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini