Pada akhir tahun 2018, bencana alam melanda berbagai daerah di Indonesia. Terlepas hal tersebut merupakan cobaan Tuhan atau bukan, jalan keluar bijak menyikapi bencana salah satunya dengan berusaha mempersiapkan diri sebelum bencana tersebut datang. Di Kota Bandung, pemerintah mempersiapkan diri melalui komunikasi bencana yang dilakukan melalui saluran media sosial Instagram. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk menganalisis strategi Pemerintah Kota Bandung dalam pengelolaan komunikasi bencana tersebut sehingga penelitian berikut berjudul “Komunikasi Bencana Humas Pemerintah Kota Bandung (Analisis Model Komunikasi Haddow Pada Insagram @humasbdg)”. Penelitian dilakukan menggunakan metode deskriptif kualitatif dan paradigma konstruktivisme. Penelitian fokus pada komunikasi bencana pada Instagram @humasbdg berdasarkan model komunikasi Haddow (2008:5) yang terdiri dari lima struktur yaitu, Costumer Focus, Leadership Commitment, Inclusion of Communications in Planning and Operations, Situational Awareness, dan Media Partnership. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara mendalam dengan Staff dan Kepala Sub Bagian Data Informasi Humas Pemerintah Kota Bandung. Hasil penelitian berikut menunjukan terdapat delapan unggahan media sosial Instagram yang dipublikasikan sebagai upaya Pemerintah Kota Bandung menjalin komunikasi bencana yang sesuai dengan konsep komunikasi bencana efektif menurut teori tersebut.
Kata Kunci : Komunikasi Bencana, Pemerintah, Humas, Media Sosial, Instagram