KOMUNIKASI BENCANA HUMAS PEMERINTAH KOTA BANDUNG (Analisis Model Komunikasi Haddow Pada Instagram @humasbdg)

SYENI ALNI SYAHMAYDA

Informasi Dasar

185 kali
19.04.4151
302.2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pada akhir tahun 2018, bencana alam melanda berbagai daerah di Indonesia. Terlepas hal tersebut merupakan cobaan Tuhan atau bukan, jalan keluar bijak menyikapi bencana salah satunya dengan berusaha mempersiapkan diri sebelum bencana tersebut datang. Di Kota Bandung, pemerintah mempersiapkan diri melalui komunikasi bencana yang dilakukan melalui saluran media sosial Instagram. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk menganalisis strategi Pemerintah Kota Bandung dalam pengelolaan komunikasi bencana tersebut sehingga penelitian berikut berjudul “Komunikasi Bencana Humas Pemerintah Kota Bandung (Analisis Model Komunikasi Haddow Pada Insagram @humasbdg)”. Penelitian dilakukan menggunakan metode deskriptif kualitatif dan paradigma konstruktivisme. Penelitian fokus pada komunikasi bencana pada Instagram @humasbdg berdasarkan model komunikasi Haddow (2008:5) yang terdiri dari lima struktur yaitu, Costumer Focus, Leadership Commitment, Inclusion of Communications in Planning and Operations, Situational Awareness, dan Media Partnership. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara mendalam dengan Staff dan Kepala Sub Bagian Data Informasi Humas Pemerintah Kota Bandung. Hasil penelitian berikut menunjukan terdapat delapan unggahan media sosial Instagram yang dipublikasikan sebagai upaya Pemerintah Kota Bandung menjalin komunikasi bencana yang sesuai dengan konsep komunikasi bencana efektif menurut teori tersebut.

Kata Kunci : Komunikasi Bencana, Pemerintah, Humas, Media Sosial, Instagram

Subjek

COMMUNICATION
 

Katalog

KOMUNIKASI BENCANA HUMAS PEMERINTAH KOTA BANDUNG (Analisis Model Komunikasi Haddow Pada Instagram @humasbdg)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SYENI ALNI SYAHMAYDA
Perorangan
RANA AKBARI FITRIAWAN
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Ilmu Komunikasi
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

  • COH2E3 - JURNALISTIK MEDIA
  • COH2I3 - MULTIMEDIA INTERAKTIF
  • COH2D2 - PELESTARIAN DATA DIGITAL
  • COH3I3 - PEMASARAN HUMAS
  • COH3J3 - PEMBELIAN DAN PERENCANAAN MEDIA
  • SK111013 - PENGANTAR ILMU KOMUNIKASI
  • COH1B3 - PENGANTAR ILMU KOMUNIKASI
  • SK123273 - PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI
  • COH3B3 - PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI
  • COH3R4 - PILIHAN (1) KOMUNIKASI DAN PERUBAHAN SOSIAL
  • COH4J3 - PILIHAN (11) BUDAYA VIRTUAL
  • COH4K3 - PILIHAN (12) PERKEMBANGAN MEDIA
  • COH3T4 - PILIHAN (3) KOMUNIKASI GLOBAL
  • COH3V3 - PILIHAN (5) TATA KELOLA ELEKTRONIK
  • COH2A3 - PSIKOLOGI KOMUNIKASI
  • COH2N4 - REPORTASE DAN PENYUNTINGAN BERITA
  • COH3N4 - STUDI BUDAYA DAN MEDIA
  • COH2B3 - TEORI KOMUNIKASI
  • KII1C3 - PENGANTAR ILMU KOMUNIKASI
  • KII1H3 - TEORI KOMUNIKASI
  • KII2C2 - PSIKOLOGI KOMUNIKASI
  • KII3B3 - MULTIMEDIA INTERAKTIF

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini