Youtube menyediakan mekanisme interaksi sosial untuk mendapatkan opini dari pengunjung melalui komentar, pemilihan, pemeringkatan, pemilihan favorit, pembagian rujukan, perujukan tayangan serta komentar positif dan negatif yang diberikan oleh pengguna. Komentar ataupun opini masyarakat terhadap sikap, sifat dan kepemimpinan merupakan beberapa contoh dari sentimen. Sosial media sebagai alat untuk memberikan pendapat ataupun komentar bisa kita lihat di Youtube. Dengan berlangsungnya pemilihan calon presiden, perlu adanya analisis untuk mengetahui sentimen komentar masyarakat terhadap calon presiden 2019. Analisis sentimen merupakan salah satu cara untuk mengetahui sentimen terhadap calon presiden 2019 berdasarkan komentar dari topik yang dicari di Youtube. Inti dari penelitian ini adalah untuk mengklasifikasi komentar masyartakat terhadap calon presiden 2019 menggunakan metode SVM dan Lexicon Based. Proses yang dilakukan pada pre-processing seperti stopwords, stemming, tokenizing, lemmatization, penghapusan karakter, simbol atau tanda baca. Dari hasil pengujian klasifikasi dengan akurasi terbesar menggunakan metode SVM menghasilkan akurasi sebesar 74% dan menggunakan metode Lexicon Based menghasilkan akurasi sebesar 73,68%.
Kata kunci: Analisis sentimen; Support Vector Machine; Youtube; Lexicon based