Sholat adalah perintah langsung dari ? kepada umat muslim. Sholat yang dimaksud adalah sholat lima waktu dan wajib dikerjakan bagi orang yang sudah baligh. Pada masa ini seseorang rentan dalam melaksanakan kewajiban tersebut, baik berjamaah maupun munfarid (Sholat sendiri). Faktor penyebab orang malas dalam melaksanakan sholat yaitu keluarga yang kurang menanamkan norma agama, pendidikan dimana kurangnya pengetahuan terhadap pentingnya melaksanakan sholat 5 waktu, masyarakat yang masih kurang melibatkan remaja dalam kegiatan keagamaan.
Untuk mengatasi permasalahan di atas maka dirancang aplikasi ini yang akan memiliki beberapa fitur unggulan yaitu akan menampilkan tanggal dan waktu sholat yang akan diperbaharui setiap waktu, serta akan menampilkan lokasi dimana pengguna tersebut berada. Fitur lainnya adalah melakukan monitoring sholat dengan cara mencatat waku sholat yang dilakukan, dan akan menampilkan grafik serta riwayat. Akan tersedia juga motivasi harian dan pengingat waktu sholat yang akan meningkatkan kedisiplinan dalam ibadah sholat. Fitur yang berbeda dari aplikasi lainnya adalah fitur tantangan yang menggunakan sistem gamifikasi. Fitur ini akan menyediakan beberapa tantangan yang berbeda setiap levelnya untuk meningkatkan kualitas ibadah dari pengguna.
Kata kunci: Sholat, Gamifikasi, Monitoring, Waktu Sholat, dan Pengingat waktu sholat.