Enterprise Resource Planning (ERP) merupakan salah satu solusi untuk mengintegrasikan teknologi informasi yang dibutuhkan perusahaan di era globalisasi ini. ERP dapat meningkatkan efisiensi dan efektifitas dari bisnis proses perusahaan tersebut. Perusahaan menyadari bahwa informasi yang cepat, tepat, akurat dan terintegrasi sangat penting untuk fungsional perusahaan.
Implementasi ERP bukan hal mudah karena dibutuhkan biaya yang cukup besar. Setelah ERP diterapkan pada perusahaan maka perlu untuk mengetahui bagaimana ERP dapat berdampak pada kinerja pemasaran pada perusahaan dengan cara melakukan evaluasi dampak implementasi ERP.
Model yang digunakan untuk melakukan evaluasi dampak implementasi ERP pada penelitian ini adalah model modifikasi keberhasilan implementasi ERP, dengan 6 variabel yaitu dukungan manajemen puncak, ketepatan pemilihan software dan hardware, keberhasilan implementasi sistem ERP, keunggulan bersaing, kinerja tenaga penjual dan kinerja pemasaran. Menggunakan teknik purposive sampling.
Kesimpulan yang dihasilkan dari penelitian bahwa keberhasilan implementasi ERP tidak mempengaruhi kinerja pemasaran secara langsung, namun dapat sedikit mempengaruhi kinerja pemasaran melalui variabel lain yang ada dalam penelitian ini.
Kata Kunci : Enterprise Resource Planning (ERP), Model modifikasi keberhasilan ERP, Implementasi ERP, Kinerja Pemasaran, Evaluasi ERP