PT Bank Mandiri, Tbk, merupakan salah satu perusahaan pertama di Indoesia yang mengimplementasikan aplikasi SAP, modul utama yang saat ini diimplementasikan adalah SAP Financial Accounting (FI) and Controlling (CO), SAP Customer Relationship Management (CRM), dan SAP Human Resources (HR).
Divisi accounting menjalankan kegiatan utama perusahaaan, seperti pembuatan kebijakan dan standar akuntansi, menyusun laporan keuangan baik kepada management maupun regulator, mem-posting jurnal dari unit kerja pusat, monitoring pos terbuka wide dan GNC, dan mengatur semua hal mengenai perpajakan yang ada di perusahaan. Sistem SAP membantu PT. Bank Mandiri mengatur dan mengelola semua informasi yang menunjang kegiatan-kegiatan tersebut. Sistem SAP tersebut saling mengintegrasikan modul yang ada didalamnya dan mengintegrasikan dengan divisi lain yang ada pada PT Bank Mandiri, Tbk, sehingga membantu pekerjaan karyawan. Informasi yang ada didalamnya berjalan secara real-time sehingga dapat mengurangi human-eror, seperti duplikasi data dan ketidak telitian, untuk itu diperlukan penelitian untuk mengevaluasi SAP pada divisi accounting, guna mengukur kinerja sistem SAP pada divisi accounting menggunakan model Kebehasilan Sistem Informasi.
Model Kesuksesan Sistem Informasi memiliki 6 variabel, yaitu kualitas sistem, kualitas informasi, kualitas layanan, pemakaian, kepuasan pelanggan dan hasil bersih. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebarkan pada divisi akuntansi dan mendapatkan responden berjumlah 40 orang. Terdapat 9 hipotesis yang diuji menggunakan menggunakan Structural Equation Modelling (SEM), 7 hipotesis terbukti diterima, sedangkan 2 hipotesis lainnya terbukti ditolak.
Kata kunci: Model Kesuksesan Sistem Informasi, Implementasi SAP, PT Bank Mandiri, Tbk.