Pertumbuhan UMKM di Indonesia cukup berkembang pesat. Waralaba yang merupakan salah satu sektor UMKM memiliki pertumbuhan 8%-10% setiap tahunnya. Sehingga perkembangan waralaba dijadikan suatu alternatif pengembangan usaha di Indonesia. Adanya peluang itu menghadirkan banyak platform e-marketing untuk membantu waralaba dalam melakukan pemasaran, namun dalam prakteknya tidak memperhatikan kebutuhan user sehingga solusi yang diberikan tidak tepat sasaran. Penelitian ini berfokus pada pengembangan user experience (UX) sistem pemasaran waralaba pada startup Kakilima menggunakan metode five plane user experience elements, pemilihan metode didasari oleh karakteristik dalam implementasi user experience yang linear terhadap strategi bisnis kakilima. Pengembangan diawali dengan analisis kebutuhan pengguna dan tujuan bisnis stakeholder pada bagian strategy plane. Pada bagian scope plane, penentuan fitur dan spesifikasi fungsional dilakukan. Perancangan interaksi dan analisis task menggunakan Unified Modelling Language (UML) dilakukan pada structure plane. Prototipe low fidelity dan high fidelity dibuat pada bagian skeleton plane dan surface plane menghasilkan keluaran berupa wireframe dan prototipe yang bisa dioperasikan. Evaluasi dilakukan dengan menggunakan usability testing dengan teknik think-aloud. Hasil dari evaluasi menghasilkan saran untuk pengembangan prototipe menuju pengembangan platform e-marketing Kakilima yang dapat memenuhi kebutuhan pemasaran waralaba.