ANALISIS SENTIMEN PADA MEDIA SOSIAL TERHADAP KEBERHASILAN KAMPANYE INDONESIA TANPA PACARAN MENGGUNAKAN ALGORITMA NAIVE BAYES

NADIA ARDHIANIE

Informasi Dasar

128 kali
19.04.4540
005.36
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pada era digital ini situs media sosial digunakan untuk melakukan kampanye oleh kelompok masyarakat ataupun organisasi. Pada tanggal 7 September 2015 La Ode Munafar yang merupakan penulis novel meluncurkan karya terbaru nya berjudul Indonesia Tanpa Pacaran. Seperti sudah diketahui bahwa kampanye ini menuai pro dan kontra, pihak yang tidak setuju dengan kampanye ini menyalahkan pihak yang setuju. Untuk itu dibutuhkan analisis sentimen untuk mengetahui apakah kampanye ini berhasil atau tidak. Sentimen yang dikumpulkan berasal dari sosial media yaitu Twitter. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Statista jumlah sosial media yang paling banyak digunakan di Indonesia adalah Youtube. Sementara twitter berada diurutan ke tujuh. Meskipun begitu perkembangan pengguna twitter dari waktu ke waktu terus meningkat sehingga twitter masih banyak digunakan. Tahapan penelitian ini dilakukan dengan pengumpulan data bedasarkan beberapa hastag yang terkait dengan kampanye tersebut. Data yang telah dikumpulkan akan melalui proses preprosessing, klasifikasi kemudian dilakukan pengujian dengan menggunakan algoritma Naïve Bayes dan tools Rapid Miner vektorisasi TF-IDF menghasilkan akurasi sebesar 74,77% sehingga nilai recall adalah 79,19%, nilai presisi sebesar 70,97%, dan menghasilkan F1 72,92%.

Subjek

SISTEM INFORMASI
 

Katalog

ANALISIS SENTIMEN PADA MEDIA SOSIAL TERHADAP KEBERHASILAN KAMPANYE INDONESIA TANPA PACARAN MENGGUNAKAN ALGORITMA NAIVE BAYES
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NADIA ARDHIANIE
Perorangan
RACHMADITA ANDRESWARI, MUHAMMAD AZANI HASIBUAN
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Sistem Informasi
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

  • ISH4N3 - PENGGALIAN DATA DAN ANALITIKA BISNIS
  • ISG4C4 - TUGAS AKHIR
  • IEH3N2 - PRAKTIKUM PERANCANGAN BISNIS DAN FASILITAS INDUSTRI
  • IEH4G2 - PERANCANGAN PROSES BISNIS
  • IEH4CC3 - PERANCANGAN PROSES BISNIS LANJUT
  • IEH4EF3 - SISTEM BISNIS RETAIL
  • IEH4GB5 - PENGEMBANGAN INISIATIF BISNIS
  • IEI5F3 - PERANCANGAN PROSES BISNIS
  • IEI443 - PENGEMBANGAN INISIATIF BISNIS

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini