Maraknya bisnis yang ada di Kota Bandung menimbulkan persaingan yang ketat. Desain dapat berperan sebagai salah satu sebagai salah satu solusi untuk dapat meningkatkan perkembangan suatu bisnis dalam menghadapi persaingan. Soca Sundanesia sebagai salah satu usaha kacamata kayu memiliki peluang bisnis, namun belum memiliki sistem desain yang kuat sehingga membuat masyarakat belum mengenal Soca Sundanesia. Hal ini membuat bisnis Soca Sundanesia yang telah bediri selama dua tahun berkembang lambat. Dalam penelitian ini, penulis mengumpulkan data melalui metode observasi terhadap bisnis Soca Sundanesia, studi pustaka berkaitan dengan analisis bisnis dan perancangan strategi desain, serta wawancara kepada pihak-pihak terkait, salah satunya adalah pemilik dari usaha Soca Sundanesia yang kemudian dianalisis menggunakan metode-metode yang terdapat pada kerangka perancangan strategi desain, mulai dari analisis eksternal hingga analisis internal perusahaan seperti analisis PEST, Porter’s 5 Forces, PLC, desain audit, dan analisis SWOT. Kemudian penulis melakukan perancangan strategi desain dari hasil analisis yang telah dilakukan. Perancangan mencakup strategi perusahaan yang berkaitan dengan desain, diantaranya media promosi dan inovasi desain. Strategi dirumuskan untuk dapat menghasilkan solusi yang menunjang pemasaran bisnis dengan fokus kepada target audiens. Diharapkan degan adanya Tugas Akhir ini dapat membantu Soca Sundanesia dalam menentukan strategi desain yang tepat guna meningkatkan perkembangan bisnisnya sehingga mampu bersaing di tengah ketatnya persaingan.
Kata kunci: Strategi Desain, UMKM, Strategi Promosi, Kacamata Kayu, Soca Sundanesia.