Usaha kecil menengah (UKM) merupakan suatu kegiatan usaha yang berkembang pesat di Indonesia. Pesatnya pertumbuhan UKM di dasari oleh meningkatnya kecendrungan masyarakat dalam mengkonsumsi barang. Kegiatan usaha ini memiliki eksistensi yang tinggi dalam mempengaruhi laju perekonomian yang ada di Indonesia. Pesatnya laju pertumbuhan UKM yang ada pada saat sekarang ini juga diiringi dengan kegagalan yang disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satu faktor dasar yang dialami oleh UKM yaitu pada proses pembelian barang yang masih melakukan proses pembelian dengan mendatangi supplier secara langsung dan melakukan transaksi ditempat, serta belum mangetahui mengenai penawaran barang kepada supplier. Hal ini menyebabkan pelaku UKM mendapatkan barang yang kurang berkualitas dengan harga yang tidak sesuai dengan kebutuhan perusahaan.
Maka solusi untuk mengelola sistem pembelian yang ada pada UKM yaitu melakukan perancangan model sistem layanan Smart UKM berbasis sistem ERP menggunakan aplikasi Odoo pada modul Purchase Management untuk mengatasi permasalahan dalam pembelian barang yang ada di dalam UKM. Perancangan sistem ini juga dibuat secara terintegrasi sehingga dapat menyediakan data secara realtime. Perancangan sistem Smart UKM menambahkan fitur vendor selection yang mampu membantu UKM dalam kegiatan pembelian dan memberikan pemasok terbaik dalam kegiatan pembelian bahan material. Metode dalam perancangan sistem ERP ini menggunakan metode Service Oriented Architecture (SOA) karena metode ini terbuka dan dinamis sehingga penyajian informasi menjadi realtime. Penggunaan metode ini juga bertujuan untuk merancang pemodelan proses bisnis serta service yang sesuai dengan permasalahan sistem pembelian yang dialami oleh UKM. Hasil dari penelitian ini adalah sistem ERP (open source) berupa dukumen blueprint pada modul Purchase Management sehingga dapat menciptakan standarisasi dalam proses pembelian barang material pada UKM yang ada di Indonesia.
Kata kunci: UKM, ERP, Odoo, Purchase Management, SOA.