PT Telekomunikasi Indonesia membangun sistem transaksi pembayaran langsung ke vendor yang diberi nama Corporate Payable One Gate Payment pada pertengahan tahun 2011. Belum diketahuinya tingkat kualitas yang ada pada sistem ERP Telkom OGP saat ini menjadi tujuan penelitian. Mengidentifikasi kualitas sebuah perangkat lunak merupakan hal penting dalam proses penjaminan kualitas. Pengukuran kualitas perangkat lunak dapat menggunakan model ISO 9126. Model ini mempunyai standar pengukuran yang valid dan reliabel dalam mengukur kualitas perangkat lunak. Variabel yang dianalisis dalam penelitian ini yaitu keandalan (reliability) dan kegunaan (usability) sistem. Variabel tersebut dapat menjadi tolak ukur pengukuran kualitas perangkat lunak. Hasil dari penelitian ini yakni rekomendasi berdasarkan nilai terendah yang didapat dari uji kelayakan. Nilai terendah pada penelitian ini yaitu pemulihan (recoverability) sistem yang termasuk dari keandalan sistem. Rekomendasi yang diusulkan yaitu dengan mengganti database oracle 12 dengan SAP HANA karena memiliki waktu respon yang lebih cepat sehingga dapat mendukung perkembangan perusahaan kedepannya.
Kata kunci : Kualitas sistem, ERP, Corporate Payable Telkom One Gate Payment (Telkom OGP), keandalan, kegunaan, dan Model ISO 9126.