PT Finnet Indonesia didirikan pada tanggal 31 Oktober 2005 bertujuan sebagai penyediaan infrastruktur TI, aplikasi dan konten untuk melayani kebutuhan sistem informasi dan transaksi bagi institusi finansial dan pemerintahan di Indonesia melalui bisnis electronic payment dan Information and Communication Technologies. PT. Finnet Indonesia telah bekerjasama dengan Kota Surakarta dalam pengimplementasian Layanan Pajak Online PHRI, dimulai dari tahun 2017 hingga saat ini, PT. Finnet Indonesia telah menyalurkan layanan Pajak Online PHRI. Seiring dengan penerapan Smart City di Kota Surakarta, penerapan Layanan Pajak Online PHRI merupakan bagian dari penerapan Smart Governance sehingga implementasi pajak menjadi transparan.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa faktor-faktor yang berpengaruh terhadap minat perilaku pelanggan dalam menggunakan Layanan Pajak Online PHRI dengan menggunakan model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 2 (UTAUT2) dengan faktor-kator UTAUT2 dimodifikasi dan terdiri dari Perfomance Expectancy, Effort Expectancy, Social Influency, Facilitating Condinations, hedonic motivation, Habit dan Trust sebagai variabel utama serta Age dan Gender dan sebagai moderator.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif untuk menjelaskan persepsi pelanggan terhadap variabel dan meneliti hubungan sebab akibat antara variabel berdasarkan hipotesis di dalam penelitian. Penelitian menggunakan survei yang dilakukan dengan melakukan penyebaran kuisioner terhadap para pengguna Layanan Pajak Online PHRI di Wilayah Surakarta untuk memberikan persepsi terhadap adopsi menggunakan Layanan Pajak Online PHRI. Teknik analisa data dilakukan menggunakan Partial Least Squares (PLS) 3.0.
Hasil penelitian diperoleh bahwa deskriptif dari variabel-variabel modifikasi UTATUT2 L Layanan Pajak Online PHRI dengan nilai indeks persetujuan berdasarkan persepsi pelanggan dari yang tertinggi hingga terendah adalah Use Behavior, Facilitating Condition, Trust, Habit, Behavior Intention, Performance Expectancy, Effort Expentacy, Hedonic Motivation dan Social Influence. Hasil penelitian hipotesis terhadap variabel dalam perilaku minat individu untuk menggunakan Layanan Pajak Online PHRI yang berpengaruh positif terhadap Behavior Intention ada 2 yaitu Facilitating Condition dan Habit, sedangkan yang berpengaruh positif terhadap Use Behavior ada 2 yaitu Facilitating Condition dan Behavior Intention. Variabel yang tidak berpengaruh positif terhadap Behavior Intention ada 5 yaitu Performance Expectancy, Effort Expectancy,Social Influence, Hedonic Motivation dan Trust, sedangkan yang tidak berpengaruh positif terhadap Use Behavior adalah Habit . Moderator Age memoderasi hubungan yang terjadi antara variabel Facilitting Condition terhadap Use Behavior sedangkan Moderator Gender tidak memoderasi hubungan yang terjadi antara variabel Perfomance Expectancy, Effort Expectancy, Social Influency, Facilitating Condinations, hedonic motivation, Habit dan Trust terhadap Behavior Intention maupun Use Behavior
Kata Kunci: Adopsi Teknologi, Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 2, Online Tax, Layanan Pajak Online PHRI