Ekonomi digital yang berkembang pesat membuka peluang metode pemasaran
yang baru yang disesuaikan dengan kebutuhan bisnis abad 21. Pada tahun 2019,
Hootsuite (Digital marketing agency) memaparkan lebih dari 150 juta penduduk
indonesia sudah terkoneksi internet dan menggunakan media sosial. Hal ini
memungkinkan media sosial menjadi pusat data yang tepat untuk market research
dan customer research. Keadaan tersebut menyebabkan perlunya tools untuk
analisis insight dari konten yang di post. Untuk menanggulangi permasalahan
tersebut, diperlukannya arsitektur aplikasi untuk melakukan analisis gambar dan
teks yang di post. Cara tersebut dapat dilakukan dengan berbagai macam aplikasi
instaram analisis, baik berbayar maupun gratis. Tingginya aplikasi berbayar ini
membuat banyak perusahaan menginginkan sebuah aplikasi terbuka dalam
mendapatkan insight dari instagram. Pada penelitian ini, peneliti mengembangkan
arsitektur aplikasi dashboard instagram insight dengan beberapa metode. Metode
untuk menganalisis gambar yang di post menggunakan metode deep learning image
classification, sedangkan untuk analisis teks menggunakan metode Natural
Language Processing, dan juga data visualization untuk memudahkan user
membaca insight dari data yang sudah di tambang dan diolah. Hasil dari penelitian
ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan startup / agency digital marketing
terhadap kebutuhan aplikasi open source instagram insight. Sistem dashboard yang
dibangun memberikan hasil analisis minat hashtags, konten dan aktifitas followers
dari target suatu akun instagram.