DAMRI adalah suatu perusahaan yang bergerak dalam bidang transportasi, setiap daerah Damri memiliki kantor cabang yang mengelola transportasi. Pada kantor cabang Bandung terdapat beberapa masalaha dalam proses bisnis, yaitu pada proses penyewaan bus pariwisata yang dilakukan secara manual atau kegiatan ini klien masih menggunakan calo atau penyedia jasa pihak ketiga untuk melakukan penyewaan ataupun mendatangi kantor cabang bandung tentu akan memakan waktu yang lama, yang ke dua adalah layanan informasi mengenai artikel fasilitas apa saja yang dimiliki Damri tidak terpublikasikan secara online atau luas pada pengetahuan masyarakat sekitar, yang ketiga dalam kegiatan proses bisnis penyewaan manual dengan proses rekapitulasi data penyewaan yang masih dilakukan secara manual juga yaitu petugas Damri menginputkan data penyewaan ke dalam excel yang datanya tersebut akan digunakan pelaporan pembukuan dan untuk report data jika sewaktu-waktu dibutuhkan, maka jika terjadi kesalahan teknis seperti komputer mati maka data tersebut akan hilang. Dari permasalahan tersebut maka diusulkan fitur akun klien untuk kegiatan pengajuan penyewaan dan fitur untuk melihat artkel informasi layanan yang dimiliki Damri Bandung secara instan dan lengkap fitur email Gateway, fitur akun petugas untuk kelola penyewaan fitur kelola laporan penyewaan, fitur akun untuk admin agar dapat mengolah data keseluruhan. Dalam pembangunan aplikasi ini menggunakan metode waterfall yang telah disepakati oleh pihak Damri Bandung, menggunakan Framework Codeigniter dan basis data MySQL. Serta kesimpulan dari aplikasi yang telah dibangun adalah aplikasi ini sudah memberikan kemudahan bagi petugas untuk mengelola data penyewaan menjadi data statistik, memberikan kemudahan bagi klien untuk melakukan penyewaan dan melihat informasi.
Kata kunci: Penyewaan, Aplikasi, Report Data, Artikel.