Festival Danau Sentani merupakan salah satu kegiatan tahunan yang merupakan upaya pemerintah untuk mewujudkan pembangunan pariwisata yang bertumpu pada kekayaan alam dan budaya masyarakat setempat. Tetapi, jumlah pengunjung festival ini belum memenuhi target pemerintah. Salah satu penyebab belum memenuhinya target pengunjung yaitu belum adanya data khalayak sasaran yang pasti dan kurangnya media informasi dan promosi akan Festival Danau Sentani ini. Sehingga, diperlukan perubahan dari sisi promosi untuk membuat Festival Danau Sentani ini lebih terlihat fresh. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu wawancara, studi pustaka, observasi, kuesioner yang dibagikan kepada responden yang menjadi target sasaran. Perancangan dilakukan dengan menganalisis Festival Danau Sentani menggunakan analisis matriks perbandingan dan matriks positioning. Perancangan media promosi difokuskan kepada unsur seni daerah, motif-motif khas Papua sebagai acuan dalam visualisasi media-media meliputi poster, banner, iklan majalah, brosur dan yang lainnya. Kata kunci: Media promosi, festival, budaya, Papua