Koperasi Bhakti Makmur merupakan primer koperasi TNI-AU yang terletak di
Markas Komando Korps Pasukan Khas Lanud Sulaiman, Margahayu, Kabupaten
Bandung. Koperasi Bhakti Makmur ini memiliki tiga unit usaha, yakni unit toko yang
menyediakan kebutuhan pokok anggota maupun non anggota, unit simpan pinjam
yang melayani simpanan dan pinjaman bagi anggota, dan unit jasa. Namun yang
aktif beroperasi di kantor hanya unit toko dan unit simpan pinjam. Pencatatan
simpanan dan pinjaman anggota di unit simpan pinjam masih dilakukan secara
manual menggunakan Microsoft Excel. Pencatatan yang dilakukan secara manual
membuat lamanya pencatatan administrasi, sulitnya melakukan pencarian, sulitnya
mengendalikan keluarnya kas, serta kesalahan dalam perhitungan maupun
pencatatan setiap transaksi yang terjadi. Pembuatan aplikasi untuk koperasi unit
simpan pinjam merupakan solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut guna
mendukung proses bisnis yang lebih baik. Fungsionalitas yang dimiliki oleh aplikasi
ini adalah pengelolaan data anggota masuk dan keluar, pengelolaan simpanan
anggota yang terdiri dari simpanan pokok, simpanan wajib, dan simpanan sukarela.
Pinjaman anggota, angsuran atas pinjaman, serta perhitungan hasil usaha koperasi.
Selain itu, aplikasi ini juga mampu menyajikan laporan simpanan, laporan pinjaman,
jurnal umum, buku besar, laporan perhitungan hasil usaha, dan neraca guna
pencatatan akuntansi yang dibutuhkan. Metode yang digunakan dalam
perancangan aplikasi ini adalah metode System Development Life Cycle (SDLC)
dengan model yang digunakan adalah waterfall. Berdasarkan pengujian yang
dilakukan, aplikasi ini sudah diimplementasikan, diuji, dan dapat digunakan.
Kata Kunci: koperasi, aplikasi berbasis web, framework CI, SDLC