Penelitian ini berjudul “Proses Produksi Program Televisi “Music Update” Di Channel T-Music Pada Televisi Berlangganan Transvision” bertujuan untuk mengetahui dan menggambarkan proses produksi program televisi yang dilakukan pada televisi berlangganan. Apakah proses produksi dilakukan dengan maksimal atau tidak mengingat program – program yang ditayangkan tidak membutuhkan rating untuk bisa bertahan. Karena penghasilan yang diperoleh datangnya dari para pelanggan televisi berlangganan. Penelitian ini menggunakan paradigma post-positivisme dengan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa program Music Update TransVision melewati suatu proses produksi yang meliputi tahapan pra-produki, produksi, dan pasca-produksi. Pada tahap pra-produksi, meliputi tiga bagian yaitu penemuan ide, perencanaan, dan persiapan. Tahap produksi, yakni melakukan liputan/taping outdoor. Sedangkan tahap pasca-produksi dimulai dengan proses editing offline, editing online, narasi, mixing, dan mastering.
Kata kunci: proses produksi, televisi, program televisi, magazine show, pra-produksi, produksi, pasca-produksi.