Analisis Customer Value Index dalam Memilih Mobil Hatchback di Indonesia

FAHMI ASNA KUSUMA

Informasi Dasar

53 kali
19.04.4967
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Mobil merupakan salah satu jenis kendaraan yang memudahkan akomodasi manusia maupun barang untuk berpindah dari tempat satu ke tempat yang lain. Dari masa ke masa, permintaan mobil semakin meningkat yang menyebabkan para produsen mobil berlomba-lomba untuk menciptakan mobil dengan berbagai jenis dan model. Salah satunya adalah mobil hatchback yang pada awal kedatangannya di Indonesia mendapat sambutan baik dan meraih puncak kejayaannya pada tahun 2012 dengan total penjualan mencapai 73.196 unit. Namun masa kejayaan tersebut berlangsung singkat, tercatat di tahun-tahun berikutnya yaitu mulai dari tahun 2013 sampai tahun 2018 penjualan mobil hatchback terus mengalami penurunan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kombinasi atribut dari mobil hatchback yang dapat menghasilkan nilai customer value index tertinggi dan dapat diketahui value driver mobil hatchback. Atribut pada penelitian ini yaitu tenaga mesin, tampilan, fitur keselamatan, efisiensi bahan bakar, perangkat elektronik, dan harga. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan menggunakan analisis konjoin. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik non probability sampling dengan jumlah responden sebanyak 402 orang yang pernah memiliki atau sedang memiliki mobil hatchback. Berdasarkan hasil pengolahan data, nilai customer value index tertinggi didapat pada kombinasi atribut tenaga mesin tinggi, tampilan yang menarik, efisiensi bahan bakar tinggi, dan harga yang rendah dengan trade off fitur keselamatan rendah dan perangkat elektronik yang rendah. Value driver pada penelitian ini adalah efisiensi bahan bakar. Saran dari penelitian ini untuk para produsen mobil hatchback agar menjadikan efisiensi bahan bakar menjadi fokus utama dalam mengembangkan atau menciptakan mobil hatchback, karena konsumen menginginkan mobil hatchback yang irit atau memiliki efisiensi bahan bakar yang tinggi.

Kata kunci: Customer Value Index, Konjoin, Mobil Hatchback.

Subjek

MANAGEMENT
 

Katalog

Analisis Customer Value Index dalam Memilih Mobil Hatchback di Indonesia
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FAHMI ASNA KUSUMA
Perorangan
OSA OMAR SHARIF
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika)
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini