Dalam pelaksanaan sosialisasi, Bank Sampah Mandiri Cilacap bertujuan untuk menginformasikan dan mengajak masyarakat untuk bersama-sama mengurangi timbulan sampah dengan langkah awal memilah sampah lalu mengolahnya menjadi barang yang bernilai. Seperti halnya yang akan peneliti teliti dalam penelitian ini adalah kegiatan sosialisasi Bank Sampah Mandiri Cilacap dalam upaya mengurangi sampah di Kabupaten Cilacap. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan pardigma post-positivisme. Data dalam penelitian ini didapatkan melalui observasi, survey ke lapangan, dan wawancara. Selain itu, data yang diperoleh bersifat keterangan-keterangan, informasi, dokumentasi, dan tidak berupa angka.
Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini adalah strategi komunikasi pada pelaksanaan kegiatan sosialisasi Bank Sampah Mandiri Cilacap ini dimana sosialisasi ini dilakukan dengan dua rangkaian kegiatan yaitu memaparkan materi dan praktek pelatihan mengelola sampah untuk memberikan bukti akan manfaat sampah. Agar materi sosialisasi dapat tetap diterapkan setelah sosialisasi usai, Bank Sampah Mandiri Cilacap menggandeng tokoh masyarakat setempat untuk mencontohkan kegiatannya dalam memilah dan mengolah sampah.
Kata kunci: Strategi komunikasi, Sosialisasi, Bank Sampah.