Perkembangan teknologi yang sangat pesat mempermudah manusia untuk mendapatkan informasi; Dengan hadirnya media baru yaitu internet semua akses bisa digunakan secara mudah, cepat dan lebih efektif; Internet berperan aktif dalam peningkatan pariwisata di Indonesia, wisatawan mencari informasi, memesan, dan membayar perjalanan, baik tiket dan tempat tinggal secara online; Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Kuningan menggunakan media online untuk memberikan informasi kepada wisatawan melalui media sosial; Salah satu media sosial yang digunakan yaitu instagram @pariwisatakuningan; Akun resmi Disporapar @pariwisatakuningan yang dikelola oleh Generasi Pesona Indonesia (Genpi) Kabupaten Kuningan untuk memudahkan wisatawan mencari informasi mengenai pariwisata yang berada di Kabupaten Kuningan.
Penelitian ini merupakan penelitian analisis deskriptif dan hubungan kausal dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner online melalui google form kepada sampel 100 responden followers instagram @pariwisatakuningan dengan 29 item pernyataan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan analisis deskriptif, uji asumsi klasik dan uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukan bahwa Pengaruh Penggunaan Media Sosial Instagram @pariwisatakuningan Terhadap Daya Tarik Wisatawan Pariwisata Kabupaten Kuningan berdasarkan hasil analisis koefisien determinasi didapatkan hasil 41.1% yang menjelaskan adanya hubungan yang sedang atau cukup antara Media Sosial Instagram (X) terhadap Daya Tarik Wisatawan (Y);
Kata Kunci : Media Baru, Media Sosial, Instagram, Daya Tarik Wisatawan