STRATEGI KOMUNIKASI DINAS KEBAKARAN DAN PENANGGULANGAN BENCANA KOTA BANDUNG DALAM PROGRAM PEMBINAAN SATUAN RELAWAN PEMADAM KEBAKARAN KOTA BANDUNG

HAMADA INTAN RIANTI

Informasi Dasar

165 kali
19.04.4987
302.2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Organisasi perangkat daerah yang menangani sub urusan penanggulangan kebakaran dan bencana ini terdiri dari Urusan Pemerintahan Wajib dan Urusan Pemerintahan Pilihan dalam sub urusan kebakaran dan bencana ini masuk dalam Urusan Pemerintahan Wajib pasal 15 E dan pasal 18 C yang berkaitan dengan pelayanan dasar yaitu ketentraman, ketertiban umum dan perlindungan masyarakat, sub ketentraman, ketertiban umum dan sub urusan kebakaran. Dibentuknya organisasi perangkat daerah ini merupakan perwujudan tanggung jawab dari pemerintah daerah dalam rangka memberikan perlindungan kepada warganya dari ancaman bahaya kebakaran dan bencana lain. Namun dalam pelaksanaannya program pembinaan Satuan Relawan Pemadam Kebakaran Kota Bandung menemui beberapa kendala salah satunya kurangnnya penyuluhan dan sosialisasi yang doberikan kepada masyarakat, serta belum adanya social media dan official website dari Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kota Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tahapan-tahapan strategi komunikasi yang dilakukan oleh Dinas Kebarakan dan Penanggulangan Bencana Kota Bandung didalam menyampaikan pesan penanggulangan bencana kebakaran dari Satwankar kepada masyarakat. Motede yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang mengungkapkan kegiatan yang dilakukan Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kota Bandung. Pengumpulan data dilakukan wawancara, observasi dan didukung dokumentasi dari instansi. Hasil dari penelitian ini bahwa strategi komunikasi meliputi pembuatan Rencana Pembangunan Jangka Mengenah Daerah (RPJM Daerah) tahun 2019-2023 yang terintegrasi dengan visi dan misi Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kota Bandung, penambahan frekuensi penyuluhan dari Satwankar kepada masyarakat ditiap kelurahan, pengoptimalan social media dan official website. Selain itu perlunya sinergitas komunitas-komunitas media guna menarik perhatian masyarakat untuk mencari tahu lebih dalam tentang program yang ada di Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kota Bandung.

Kata Kunci : Satwankar, masyarakat, strategi komunikasi, Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kota Bandung

Subjek

STRATEGY - COMMUNICATION
 

Katalog

STRATEGI KOMUNIKASI DINAS KEBAKARAN DAN PENANGGULANGAN BENCANA KOTA BANDUNG DALAM PROGRAM PEMBINAAN SATUAN RELAWAN PEMADAM KEBAKARAN KOTA BANDUNG
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

HAMADA INTAN RIANTI
Perorangan
DIAH AGUNG ESFANDARI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Ilmu Komunikasi
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini