Banyak sekali mitos yang mewarnai masyarakat Jawa. Hal ini pengaruhi oleh paham yang mereka anut. Mitos bersifat suci atau sakral dan diturunkan dari mulut ke mulut. Mitos Aji Saka merupakan salah satu mitos yang dipercaya oleh masyarakat Jawa dan digunakan sebagai tema untuk game “Carakan”. Selain itu kepercayaan orang Jawa terhadap makhluk halus digunakan sebagai musuh/karakter jahat yang akan dihadapi pemain dalam game. Karakter dalam game merepresentasikan fisik, sifat dan sosial dari pemain pada game. Dalam perancangan karakter ini, penulis melakukan analisis mitos Aji Saka, makhluk halus yang dipercaya oleh orang Jawa dan cerita yang dibuat oleh game desainer pada game. Tujuannya untuk memvisualisasi makhluk mitos dan makhluk halus yang dipercaya oleh orang Jawa, agar dapat membantu menyampaikan cerita dari game “Carakan” kepada target audien. Visualisasi mitos ini lebih fokus kepada bentuk, kostum properti serta pergerakan atau aset yang akan digunakan pada game. Pengumpulan data dilakukan dengan Wawancara, observasi hingga studi pustaka. Sehingga karakter dalam perancangan ini dapat merepresentasikan makhluk dalam mitos Jawa.