PERANCANGAN GIM “CARAKAN” SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN AKSARA JAWA DENGAN PLATFORM MOBILE
Hari ini, aksara jawa di daerah Jawa Tengah sudah tidak lagi digunakan sebagai alat komunikasi yang utama, hal ini mengakibatkan penguasaan aksara jawa oleh kalangan muda saat ini sangat minim. Dan juga, di era digital hari ini, kalangan muda sudah sangat lekat dengan gadget bernama handphone, sehingga game menjadi hal yang tidak lagi asing. Maka dari itu, diperlukannya pembuatan perancangan game “Carakan” sebagai media pembelajaran aksara jawa, agar remaja saat ini bisa mempelajari dan mengerti aksara jawa seperti mengerti tulisan latin, juga media game dipilih sebagai media perantara karena sedikitnya jarak antara game dengan remaja saat ini. Diharapkan dengan adanya game yang ber-genre adventure serta memberikan nilai pembelajaran aksara jawa dapat membantu para siswa untuk mempelajari aksara jawa. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dan studi pustaka serta menggunalakan metode kualitatif dengan analisa teori grounded. hasil dari perancangan ini adalah game design document.
Kata kunci : Aksara Jawa, Remaja, Perancangan Game