Indonesia memiliki beragam pilihan wisata alam yang sangat menarik untuk dikunjungi Salah satunya ialah wisata pantai yang merupakan pilihan yang tepat untuk melepas penat bagi wisatawan dari Indonesia maupun wisatawan mancanegara. Maraknya fenomena desa wisata saat ini, beberapa desa yang mengangkat objek wisata, salah satunya ialah desa wisata Pujiharjo yang memperkenalkan pantai Sipelot yang berlokasi di Desa Pujiharjo, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang Jawa Timur. Pantai Sipelot telah dikomersilkan oleh Desa Wisata Pujiharjo, namun memang belum dipublikasikan dan belum terdaftar secara resmi pada website Disparbud, hal tersebut membuat keberadaan pantai ini masih sepi pengunjung dibandingkan dengan pantai- pantai terkenal lainnya. Fenomena tersebut juga terjadi diakibatkan kurangnya promosi melalui media sosial, maka dari itu perlu adanya perancangan promosi guna meningkatkan pengunjung pantai Sipelot sesuai dengan target yang ditentukan, juga dapat mengeksplor objek wisata yang ditawarkan oleh pantai Sipelot.
Metode yang dilakukan untuk pengumpulan data diantaranya adalah kuisioner, observasi, wawancara, dan studi pustaka serta melakukan analisis berupa analisis STP dan analisis matriks perbandingan yang akan menghasilkan data untuk digunakan dalam peracangan promosi untuk pantai Sipelot. Media utama yang akan dibuat ialah media sosial serta dilengkapi dengan adanya media pendukung seperti X-banner, souvenir, flyer, merchandise dan travel guide.
Diharapkan dengan adanya perancangan promosi ini dapat memberikan informasi dan meningkatkan perkenomian masyarakat sekitar.
Kata Kunci: Promosi, Media, Pantai Sipelot, Malang Jawa Timur