STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PRODUK PERTAHANAN DAN KEAMANAN PT PINDAD (PERSERO)

JALESITA PUTRI PRAMITHA

Informasi Dasar

19 kali
20.04.001
380.072 Research Methods
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pindad merupakan sebuah industri pertahanan yang memproduksi senjata satu-satunya di Indonesia, memiliki sebuah tujuan yaitu mewujudkan kemandirian Alutsista Indonesia. Dalam mencapai tujuan tersebut Pindad melakukan upaya dalam penerapan strategi komunikasi pemasaran untuk melakukan kegiatan pengenalan dan penawaran produk, menyebarkan pesan kebangsaan, dan kegiatan komunikasi korporat. Tujuan penelitian ini untuk melihat bagaimana proses strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Pindad. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif dan pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bagaimana proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan yang dilakukan Pindad. Komunikasi pemasaran yang dilakukan Pindad yang berangkat pada segmentasi khalayak yang berbeda, Pindad membagi fokus perusahaan pada Departemen Pemasaran untuk segmen khusus dan Departemen Komunikasi Korporat untuk segmen umum. Dalam mengemas pesan komunikasi pemasaran, Pindad menyertakan pesan-pesan kebangsaan untuk menumbuhkan rasa bangga bagi pengguna produk dan masyarakat. Kegiatan komunikasi pemasaran yang dilakukan juga memanfaatkan komunikasi kerjasama bisnis dengan pemerintah luar, perusahaan lainnya, dan pendekatan langsung dengan segmen yang dituju. Selain itu kegiatan komunikasi korporat juga dilakukan dalam memperkenalkan perusahaan dan hasil produksi kepada masyarakat melalui new media, serta menjalin relasi dengan media eksternal dan membuat kegiatan yang melibatkan masyarakat sebagai upaya Pindad dalam membangun user experience dan citra perusahaan.

Kata kunci: Strategi Komunikasi Pemasaran, Industri Pertahanan, Bauran Promosi.

Subjek

STRATEGY - COMMUNICATION
 

Katalog

STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PRODUK PERTAHANAN DAN KEAMANAN PT PINDAD (PERSERO)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

JALESITA PUTRI PRAMITHA
Perorangan
MOHAMAD SYAHRIAR SUGANDI
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

  • COH2J3 - KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU
  • CBH4K6 - SKRIPSI
  • KII2K3 - KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU
  • KII4P4 - SKRIPSI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini