PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE, PERTUMBUHAN PENJUALAN, UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP RETURN SAHAM (Studi pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2018)

DENLI HERIANTO

Informasi Dasar

117 kali
20.04.052
657
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris mengenai pengaruh profitabilitas, leverage, pertumbuhan penjualan dan ukuran perusahaan terhadap return saham. Dimana return saham merupakan acuan bagi para investor untuk melakukan investasi pada suatu perusahaan, karena investor selalu mengharapkan tingkat return yang sesuai atas setiap resiko yang dihadapinya. Semakin tinggi tingkat return saham yang diberikan perusahaan, semakin tinggi juga tingkat investasi pada perusahaan tersebut. Melalui penelitian ini akan dilakukan pengukuran pada rasio profitabilitas, leverage, pertumbuhan penjualan dan ukuran perusahaan. Selain itu penelitian ini akan mengevaluasi pengaruh variabel profitabilitas, leverage, pertumbuhan penjualan dan ukuran perusahaan terhadap return saham pada perusahaan manufaktur sub-sektor makanan dan minuman yang terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia. Pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi data yang bersumber pada laporan keuangan yang telah diaudit dan dipublikasikan melalui Bursa Efek Indonesia. Berdasarkan pengumpulan sampel menggunakan teknik purposive sampling, didapatkan jumlah sampel dari penelitian ini sebanyak 13 perusahaan manufaktur sub-sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2018. Berdasarkan hasil pengujian menggunakan software Eviews 9, secara simultan variabel independen yang terbagi atas profitabilitas, leverage, pertumbuhan penjualan dan ukuran perusahaan berpengaruh secara signifikan terhadap return saham. Berdasarkan hasil pengujian secara parsial, didapatkan hasil yang menunjukkan variabel profitabilitas tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap return saham. kemudian variabel leverage tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap return saham. Sedangkan variabel pertumbuhan penjualan memiliki pengaruh positif terhadap return saham. Dan variabel ukuran perusahaan tidak memiliki pengaruh terhadap return saham. Berdasarkan hasil penelitian, untuk memperoleh return saham yang baik, sebuah perusahaan harus memperoleh laba yang tinggi yang nantinya bisa menjadikan nilai tambah bagi perusahaan itu sendiri dikarenakan kinerja perusahaan yang baik. Tingginya return saham disebabkan oleh naiknya harga saham yang terjadi akibat aktivitas perusahaan dan meningkatnya laba bersih perusahaan. Namun, tidak sedikit juga perusahaan yang mengalami peningkatan laba tetapi return sahamnya menurun.

Kata Kunci : Leverage, Pertumbuhan Penjualan, Profitabilitas, Return saham, dan Ukuran Perusahaan

Subjek

ACCOUNTING
 

Katalog

PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE, PERTUMBUHAN PENJUALAN, UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP RETURN SAHAM (Studi pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2018)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DENLI HERIANTO
Perorangan
DEANNES ISYNUWARDHANA
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini