MOTIF PENGGUNAAN CYBER ACCOUNT DI MEDIA SOSIAL TWITTER (Studi Deskriptif Pada Pengikut Akun Auto Base @tanya2rl)

RIKA BUDIANTI

Informasi Dasar

536 kali
20.04.070
302.207 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perkembangan teknologi informasi yang semakin maju dapat menunjang arus informasi menjadi lebih cepat. Terciptanya intenet merupakan salah satu contoh hasil dari teknologi informasi yang telah berkembang. Seiring dengan berjalannya waktu, layanan internet tentu mengalami perkembangan, kehadiran media sosial yang fenomenal menambah ragam dari layanan internet. Media sosial kini bukanlah suatu hal baru, namun sudah menjadi bagian dari lifestyle masyarakat saat ini. Twitter adalah contoh dari media sosial yang cukup diminati oleh masyarakat. Seiring dengan terus bertambahnya pengguna Twitter, akun Twitter kini terbagi menjadi beberapa jenis diantaranya yaitu personal account, roleplay account, fan account, auto base account, cyber account dan lain-lain. Objek penelitian pada penelitian ini adalah motif, dilakukan untuk mengkaji motif dengan menggunakan acuan kategori motif dari Papacharissi dan Rubin (2000) yaitu motif interpersonal utility, motif pass time, motif information seeking, motif convenience dan motif entertainment. Motif yang dikaji pada penelitian ini adalah motif followers akun auto base @tanya2rl dalam penggunaan cyber account di media sosial Twitter. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Sampel dari penelitian ini yaitu 97 responden dari followers akun auto base @tanya2rl dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara keseluruhan, motif paling dominan yang mendasari penggunaan cyber account di media sosial Twitter pada pengikut akun auto base @tanya2rl adalah Motif Hiburan dengan rata-rata skor sebesar 3,43. Jika sub variabel diurutkan berdasarkan rata-rata skor yang paling tinggi ke yang paling rendah, motif paling dominan dalam penggunaan cyber account di media sosial Twitter adalah Motif Hiburan (3,43), Motif Menghabiskan Waktu (3,14), Motif Pencarian Informasi (3,10), Motif Utilitas Antarpribadi (3,08) dan Motif Kenyamanan (2,65).

Kata kunci: motif, media sosial, cyber account, Twitter, @tanya2rl

Subjek

COMMUNICATION RESEARCH
 

Katalog

MOTIF PENGGUNAAN CYBER ACCOUNT DI MEDIA SOSIAL TWITTER (Studi Deskriptif Pada Pengikut Akun Auto Base @tanya2rl)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RIKA BUDIANTI
Perorangan
NOFHA RINA
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Ilmu Komunikasi
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini