Pada era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) seperti sekarang ini, sangatlah diperlukan masyarakat-masyarakat yang kreatif dan inovatif dalam bidang ekonomi untuk memenuhi segala kebutuhan yang ada di masyarakat dan membantu pemerintah dalam menyelesaikan permasalahan yang ada dilingkungan masyarakat. wirausaha-wiarausaha yang kreatif dan inovatif seperti RnR Cookies & Catering dapat mengurangi pengangguran dan meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan memetakan operasional bisnis industri kuliner rumahan dengan studi pada “RnR Cookies & Catering? dengan pendekatan Business Model Canvas. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dengan menggunakan analisis sembilan blok Business Model Canvas.
Hasil penelitian menunjukan bahwa bisnis model kanvas RnR Cookies & Catering terdapat aspek yang masih lemah pada RnR Cookies & Catering yang perlu diperbaharui, yaitu dari aspek Channel yaitu belum adanya toko resmi atau toko offline yang akan berpeluang untuk meningkatkan penjualan, bekerja sama dengan Event organizer dan beberapa platform ojek online seperti Grabfood dan Gofood serta meningkatkan promosi melalui sosial media seperti instagram dan youtube dengan mengendorse beberapa influencer. Aspek Key Resource yang masih lemah karena terbatasnya jumlah tenaga kerja dari RnR Cookies & Catering. Aspek Value Proposition dengan menambahkan produk yang bisa di konsumsi sehari-hari dalam jumlah yang kecil oleh konsumen, membuat design packaging box dengan merek RnR Cookies & Catering agar merek mudah diingat dan mendaftarkan produk-produk pada MUI dan BPOM agar dapat meningkatkan kepercayaan konsumen. Serta aspek Key Activity dengan membuat database pelanggan agar lebih terstruktur dalam jumlah pengeluaran dan penjualan.
Kata Kunci: Bisnis Model, Bisnis Model Canvas, Bisnis Kuliner, Industri Kreatif