Dinamika perilaku masyarakat dalam berbelanja kini berubah dan semakin beragam. Kemajuan teknologi mendorong setiap sektor usaha untuk terus berinovasi dan beradaptasi terhadap perubahan kebutuhan yang sangat cepat. Dunia jual beli online atau e-Commerce telah banyak mengubah landskap bisnis ritel offline. Perlahan-lahan, banyak dari perusahaan ritel itu beralih ke e-Commerce. Tak terkecuali Kawan Lama Retail grup yang menaungi ritel Ace Hardware, Informa, dan juga Toys Kingdom. Dari ketiga perusahaan itu, salah satu perusahaan besar yang merupakan pionir dan pusat perlengkapan rumah dan gaya hidup terlengkap, yaitu PT. ACE Hardware Indonesia (AHI) terus berinovasi dan terus meningkatkan jumlah penjualan dengan memenuhi kebutuhan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa signifikan perbedaan profitabilitas yang ditimbulkan oleh penerapan e-Commerce.
Berdasarkan peningkatan laba, penelitian ini dikaitkan dengan rasio profitabilitas perusahaan yang diantaranya adalah NPM, ROE, dan ROA. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah laporan keuangan periode triwulanan tahun 2012 (triwulan 4) sampai dengan 2019 (triwulan 3). Periode April 2016 ditetapkan sebagai periode pisah batas karena pada periode tersebut perusahaan mulai menerapkan e-Commerce. Pengujian data yang dilakukan pada penelitian ini adalah uji hipotesis komparatif.
Kata Kunci : e-Commerce; Rasio Profitabilitas; Uji Hipotesis Komparatif