ABSTRAK
Media baru terus bermunculan dengan bentuk dan format yang beragam, terutama pada bidang hiburan, media baru seperti layanan streaming terus memberikan konten hiburan yang beragam bagi penggunanya, dan penggunaannya pun memiliki dasar atau pemicu yang beragam. Salah satunya pada media streaming musik JOOX yang menonjol pada fitur nya yang sangat beragam dan disebut sebagai salah satu media streaming musik yang memiliki pengguna terbanyak di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja motif yang dimiliki oleh pengguna dalam menggunakan media tersebut, pengguna yang diteliti adalah seluruh pengguna aktif JOOX yang dipilih secara acak pada tahap sampling. Dalam mendapatkan data yang kredibel dan akurat, peneliti mengumpulkan data dengan melakukan wawancara terstruktur pada dua belas informan dari delapan universitas yang berbeda di kota Bandung, Jakarta dan Malang. Hasil penelitiannya adalah (1) motif yang paling sering muncul dalam penggunaan media streaming JOOX adalah Motif Hiburan, sesuai dengan tujuan utama media streaming seperti JOOX adalah untuk memberikan layanan berupa hiburan kepada penggunanya. (2) Motif yang juga muncul salah satunya adalah Motif Informasi, dimana pengguna menggunakan JOOX hanya untuk mengakses fitur berita atau update nya saja, (3) Motif Integrasi dan Interaksi Sosial juga muncul, terutama pada pengguna yang memiliki peran sebagai pelaku industri kreatif, untuk mengetahui selera dari individu lainnya.
Kata Kunci : Studi Kasus, Media Baru, Mahasiswa, Motif Penggunaan Media