Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara mendalam tentang Perkembangan Batik Mega Mendung Dengan Konsep Digital Marketing di Kawasan Sentra Batik Trusmi Cirebon, Jawa Barat. Manfaat penelitian secara teoritis adalah menambah pengetahuan dan memperluas wawasan bagi generasi muda khususnya untuk masyarakat Jawa Barat yang masih asing dengan makna dan sejarah yang terkandung dalam Batik Mega Mendung, manfaat secara praktis adalah sebagai bahan acuan referensi dan secara teoritis bagi pembaca dapat memperkaya kajian ilmiah di bidang kebudayaan khususnya seni kerajinan batik. Jenis penelitian yang digunakan adalah dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan menghasilkan data yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi. Teknik analisis data terdiri dari analisis data, penyajian dan penafsiran data. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya dampak positif menggunakan konsep digital marketing seiring dengan Perkembangan Batik Mega Mendung di Kawasan Sentra Batik Trusmi. Pada awalnya Motif Batik Mega Mendung seperti awan bergumpal dan mendominasi bagian kain dengan perkembangannya, Motif Mega Mendung dikombinasikan dengan ciri khas motif batik dari Kota Cirebon seperti singa barong, klasik, gentong, dan lainnya. Warna yang digunakan pada Mega Mendung awalnya adalah abang-biru (merah biru) dengan latar kain berwarna merah dan gradasi biru pada motifnya. Setelah terjadi perkembangan Mega Mendung melalui promosi digital seperti website, facebook, instagram, dan media lainnya. Kini Mega Mendung menjadi memiliki nilai jual yang jauh lebih tinggi berdasarkan jenis kain batiknya, seperti batik cetak/ cap, kain batik tulis, kain batik sulam, dan batik kontemporer (digital). Dalam perkembangan strategi promosi yang kreatif terhadap Batik Mega Mendung ini dapat memanfaatkan kearifan lokal melalui digital marketing.