Teknologi selalu menawarkan banyak kemudahan serta inovasi baru bagi manusia
dalam menjalani kehidupan yang lebih efektif dan efisien. Adanya perkembangan
teknologi ini mempengaruhi perilaku masyarakat dalam kegiatan bertransaksi. Salah
satu layanan fintech yang bergeser menjadi bagian dari gaya hidup saat ini yaitu
pembayaran melalui uang elektronik seperti Gopay. Berdasarkan hasil pra survey,
pengguna pada awalnya berniat untuk menggunakan Gopay karena adanya promo
cashback sehingga menarik para pengguna untuk terus menggunakan Gopay. Untuk
itu perlu diidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi pengguna Gopay dalam
penggunaan program cashback. Pendekatan yang diambil untuk mengetahui hal
tersebut adalah dengan menggunakan model Unified Theory of Acceptance and Use of
Technology 2 (UTAUT2) yang telah dimodifikasi dalam penelitian oleh Christino et
al. (2019). Faktor-faktor yang diteliti dalam model modifikasi UTAUT 2 ini yaitu
performance expectancy, effort expectancy, social influence, facilitating condition,
hedonic motivation, habit, ease of use, personal capacity, perceived risk dan
behavioral aspects yang dihubungkan terhadap intention to use. Selanjutnya
facilitating conditions, habit, behavioral aspects dan intention to use yang
dihubungkan terhadap Use Behavior.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan
jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif, skala pengukuran yang digunakan
adalah skala likert. Populasi peelitian ini adalah pengguna Gopay dengan sampel
sebanyak 100 responden. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah
nonprobability sampling. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan
SmartPLS.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil bahwa Ease of Use dan Habit
berpengaruh positif dan signifikan terhadap Intention to Use. Sedangkan Intention to
Use dan Habit berpengaruh positif dan signifikan terhadap Use Behavior. Berdasarkan
hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa minat untuk menggunakan program
cashback dipengaruhi oleh faktor-faktor tingkat kemudahan dalam menggunakan
program cashback Gopay dan tingkat kebiasaan untuk menggunakan program
cashback Gopay. Lalu, penggunaan program cashback dipengaruhi oleh faktor-faktor
niat untuk menggunakan program cashback Gopay dan tingkat kebiasaan untuk
menggunakan program cashback Gopay.
Kata Kunci: Uang Elektronik, program cashback, Unified Theory of Acceptance
and Use of Technology 2 (UTAUT2)