ABSTRAK
CV. Kembar Jaya Kreatif merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang
garment atau konveksi. Hasil pendapatan CV. Kembar Jaya Kreatif pada bulan
September 2017 sampai bulan April 2019 dapat dilihat bahwa ada beberapa bulan
pendapatan yang tidak memenuhi target pendapatan yang sudah ditentukan. Karena itu
CV. Kembar Jaya Kreatif harus merencanakan strategi baru supaya meningkatkan
pendapatan agar bisa mencapai target yang sudah ditentukan. Strategi pemasaran yang
dirancang CV. Kembar Jaya Kreatif berdasarkan beberapa faktor yaitu kekuatan,
kelemahan, peluang, dan ancaman perusahaan. Analisis SWOT digunakan untuk
mendapatkan alternatif strategi, dimana alternatif strategi didapat dari faktor internal
dan faktor eksternal perusahaan. Data dan informasi penelitian terdiri dari data primer
dan data sekunder, alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah matriks
IFE (Internal Factor Evaluation), matriks EFE (External Factor Evaluation), matriks
IE (Internal-External), matriks SWOT (Strengths, Weakness, Opportunities, and
Threats), dan QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix). Matriks SWOT
menghasilkan 5 alternatif strategi yang dapat diimplementasikan perusahaan.
Berdasarkan hasil QSPM dari 5 alternatif terdapat salah satu alternatif strategi yang
diprioritaskan yaitu memanfaatkan teknologi yang ada untuk melakukan kegiatan
pemasaran dan menjual produk secara online seperti melalui media sosial dan ecommerce dengan nilai skor TAS sebesar 6,303.
Kata Kunci : Strategi Pemasaran, IFE, EFE, IE, SWOT, QSPM