SISTEM PENGATUR JARAK MENGUNAKAN SENSOR ULTRASONIC PADA PURWARUPA TRUCK PLATOONING BERBASIS VLC (VISIBLE LIGHT COMUNICATION)

WAHYUDI

Informasi Dasar

20.06.019
621.317
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Sistem komunikasi ini dilakukan untuk menjaga komunikasi agar tidak ada salah satu anggota yang tertinggal, salah satu cara untuk berkomunikasi dengan sesama anggota, diantaranya dapat menggunakan walkie talkie ataupun telepon selular, hanya saja cara tersebut dirasa kurang efisien, selain itu penggunaan kedua perangkat tersebut dapat membahayakan keselamatan pengendara ketika mengendarai truk purwarupa platooning. Pada penelitian ini dimanfaatkan cahaya tampak sebagai media dalam sistem komunikasi antar truk platooning, dimana selama ini cahaya hanya digunakan sebagai penerangan saja, akan tetapi bisa digunakan sebagai media untuk berkomunikasi antar kendaraan truk platooning berbasis vlc. Visible Light Communication adalah sistem komunikasi dengan menggunakan cahaya tampak sebagai media pembawa informasi dengan modulasi tertentu. Hasil keluaran dari proyek akhir ini adalah implementasi sensor jarak pada truck konvoi yang digunakan untuk menjaga sesama anggota konvoi untuk saling komunikasi antar mobil truk dalam suatu konvoi atau rombongan sehingga antar sesama truk dapat berkomunikasi. Oleh karena itu pengatur jarak antara truk harus dijaga kestabilannya dengan mengunakan sensor ultrasonik. Sistem ini dapat mempertahankan jarak antar truk purwarupa sejauh 5-100 cm yang diskalakan menjadi 1:4 dengan jarak 4-10 m yang jarak yang efektif pada truk purwarupa tersebut. Untuk menjaga kestabilan kecepatan pada truk apabila jarak truk depan dan belakang kurang dari 50 cm maka truk belakang akan memperlambat lajunya supaya tidak terjadi tabrakan dengan truk yang ada di depan, apabila melebihi dari 50 cm maka truk belakang akan mempercepat laju kendaraan truk tersebut agar sistem platooning bisa berjalan dalam range yang kita buat pada sistem ini.

Kata Kunci : Sistem , VLC, LED,Sensor Ultrasonik ,Platooning

Subjek

CONTROL DEVICES
 

Katalog

SISTEM PENGATUR JARAK MENGUNAKAN SENSOR ULTRASONIC PADA PURWARUPA TRUCK PLATOONING BERBASIS VLC (VISIBLE LIGHT COMUNICATION)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

WAHYUDI
Perorangan
DENNY DARLIS, RIZKY ARDIANTO P.
 

Penerbit

Universitas Telkom, D3 Teknologi Telekomunikasi
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini