PERANCANGAN APLIKASI ANDROID UNTUK MONITORING KUALITAS AIR BERBASIS LPWAN DENGAN MENGGUNAKAN RASPBERRY PI

FADHLILLAH CIPTA ABIRAWA

Informasi Dasar

40 kali
20.04.478
343.099 4
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pengembangan Internet of Things selalu didukung dengan konsep WSN (Wireless Sensor Network). Sebagian besar konsep WSN menggunakan konsumsi daya baterai, sehingga terdapat kebutuhan konstan untuk mengurangi kebutuhan energi. Teknologi LoRa (Long Range) memiliki penggunaan konsumsi daya rendah dan memiliki jangkauan komunikasi luas lebih dari 2 km, namun tidak dapat melakukan pengiriman data langsung ke server. Sehingga diperlukan sistem pengiriman data untuk menghubungkan antar perangkat di node sensor dengan server yang disebut gateway.

Air merupakan sumber kehidupan yang tidak dapat tergantikan. Saat ini banyak daerah-daerah yang sering mengalami kekeringan dan susah untuk mendapatkan air bersih. Pembuatan Perancangan Monitoring Air di harapkan mampu memecahkan masalah yang telah dialami.

Dalam Tugas Akhir ini, penulis membangun suatu aplikasi monitoring kualitas air berbasis mobile yang berjalan pada platform Android, sehingga pengguna dapat memantau kualitas air hanya dengan menggunakan smartphone nya. Hasil pengujian kinerja successful rate gateway dengan menggunakan variabel jarak menunjukkan bahwa LoRa (Long Range) mampu menerima data pada jarak 100 meter.

Untuk mengetahui performansi sistem yang dibuat, maka dilakukan pengaturan delay dari 1 detik, 3 detik, 5 detik, 7 detik, 9 detik di Arduino Uno untuk mengirim data dari sensor. Sehingga dengan pengaturan tersebut pengujian kualitas jaringan pengiriman data dari Raspberry pi ke firebase dapat dihasilkan dengan parameter delay, jitter, throughput, dan packet loss yang berbeda beda. Penelitian ini mendapatkan nilai rata rata delay terkecil adalah 0.021824 detik dengan nilai jitter 0.101103 detik, throughput 230 Kbps dan packet loss 0 %.

Subjek

Telecommunication - engineering
 

Katalog

PERANCANGAN APLIKASI ANDROID UNTUK MONITORING KUALITAS AIR BERBASIS LPWAN DENGAN MENGGUNAKAN RASPBERRY PI
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FADHLILLAH CIPTA ABIRAWA
Perorangan
AHMAD TRI HANURANTO, IDA WAHIDAH
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

  • TTH4B4 - TUGAS AKHIR
  • TUI4B4 - TUGAS AKHIR
  • III4A4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini