ABSTRAK
Perkembangan industri Coffee Shop di Indonesia sedang meningkat pesat mengikuti arus trend meminum kopi pada beberapa tahun belakang ini. Dengan semakin ketat nya persaingan antar industry Coffee Shop di Indonesa terutama di Kota Bandung, maka mendorong para pemasar untuk membuat strategi pemasaran dalam bentuk E-Marketing (Elektronik Marketing) menyusul perkembangan teknologi di era global ini. Ada banyak cara perusahaan mempromosikan produk mereka, salah satunya yaitu melalui iklan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat Efektivitas Iklan Sosial Media pada Instagram Sunny Side Coffee dengan menggunakan metode CRI ( Customer Relationship Management). Metode CRI adalah analisis yang digunakan untuk mengukur efektivitas iklan dengan menggunakan lima sub variabel yaitu Awareness (kesadaran), Comprehend (pemahaman), Interest (ketertarikan), Intentions (niat), Actions (tindakan). Penelitian kali ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif analisis. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode non-probability sampling jenis purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 100 responden. Berdasarkan hasil pengolahan data, masing-masing dimensi mendapatkan poin dengan dimensi Awareness memiliki persentase 100%, Comprehend 83%, Interest 91.16%, Intention 90.86% dan Action75.38%. Dan Nilai CRI sebesar 75.38% dapati disimpulkan iklan instagram sunny side coffee efektif karena nilai CRI lebih besar dari nilai Unaware,No Comprehend, No Interest, No Intention, No Action.
Kata Kunci : Efektivitas Iklan, Metode CRI, Media Sosial, Instagram