PENGARUH KOMPLEKSITAS OPERASI PERUSAHAAN, LEVERAGE, UMUR PERUSAHAAN DAN KONTINJENSI TERHADAP AUDIT DELAY (Studi pada Perusahaan Sub Sektor Perdagangan Besar yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2018)

AYU FITRIANINGSIH

Informasi Dasar

20.04.502
657.45
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

Pertumbuhan ekonomi yang semakin meningkat merupakan peranan yang sangat penting bagi perusahaan dengan dibutuhkannya pendanaan untuk melakukan aktivitas investasi maupun operasional perusahaan. Sumber pendanaan bagi perusahaan, dapat diperoleh dari investasi masyarakat, maupun institusi. Perusahaan publik di Indonesia diwajibkan untuk menerbitkan laporan keuangan secara periodik sebagai pengambilan keputusan bagi para pengguna laporan keuangan. Laporan keuangan dianggap data yang berguna secara langsung jika informasi tersebut diperoleh pada waktu yang tepat serta berguna dalam pengambilan keputusan ekonomi. Ketepatan waktu dalam laporan keuangan menjadi hal yang penting karena penyajian suatu informasi dapat bermanfaat apabila disajikan secara tepat waktu dan akurat. Tertundanya penyampaian pelaporan dalam laporan keuangan dapat memengaruhi oleh jangka waktu pelaporan audit. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menguji pengaruh dari kompleksitas operasi perusahaan, leverage, umur perusahaan dan kontinjensi terhadap audit delay pada perusahaan sub sektor perdagangan besar yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2015-2018. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan sub sektor perdagangan besar yang terdaftar di BEI tahun 2015-2018. Teknik pemilihan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling dan diperoleh 64 unit sampel. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah analisis regresi data panel dengan menggunakan software EVIEWS untuk memperoleh gambaran yang menyeluruh mengenai hubungan antara variabel satu dengan variabel yang lain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompleksitas operasi perusahaan, leverage, umur perusahaan dan kontinjensi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap audit delay. Secara parsial umur perusahaan berpengaruh signifikan terhadap audit delay. Sedangkan kompleksitas operasi perusahaan, leverage dan kontinjensi secara parsial tidak berpengaruh terhadap audit delay. Hasil penelitian ini diharapkan bahwa variabel kompleksitas operasi perusahaan, leverage, umur perusahaan dan kontinjensi dapat dijadikan pedoman, baik oleh pihak perusahaan dalam pengelolaan perusahaan, maupun oleh para auditor dalam menjalankan audit laporan keuangan.

Kata Kunci : Kompleksitas Operasi Perusahaan, Leverage, Umur Perusahaan, Kontinjensi, Audit Delay

Subjek

AUDITING
 

Katalog

PENGARUH KOMPLEKSITAS OPERASI PERUSAHAAN, LEVERAGE, UMUR PERUSAHAAN DAN KONTINJENSI TERHADAP AUDIT DELAY (Studi pada Perusahaan Sub Sektor Perdagangan Besar yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2018)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

AYU FITRIANINGSIH
Perorangan
DEDIK NUR TRIYANTO
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

  • ACH3C3 - AUDITING I
  • ACH3K4 - AUDITING II

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini