Perkembangan teknologi telah membawa perubahan ke berbagai bidang, tak terkecuali pendidikan. Hadirnya kesenjangan generasi antar mahasiswa dengan dosen di era digital mengharuskan para dosen untuk menguasai kompetensi dalam mengajar, yang salah satunya adalah kompetensi dalam berkomunikasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kompetensi komunikasi dosen eksakta di era digital.. Pada penelitian ini kompetensi dibagi menjadi tiga elemen yang sekaligus menjadi indikator pada penelitian ini, yaitu keterampilan, pengetahuan, dan juga motivasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan observasi, wawancara mendalam, dan juga focus group discussion. Peneliti menjadikan dosen dengan nilai EDOM (Evaluasi Dosen Mengajar) tertinggi yang ada pada Fakultas Teknik Elektro Telkom University sebagai subjek penelitian kali ini. Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui bahwa mahasiswa menuntuk para dosennya menguasai sejumlah keterampilan, seperti keterampilan membangun ikatan dengan para mahasiswa. Dosen juga diharapkan menguasai sejumlah pengetahuan, seperti pengetahuan tentang bagaimana menemukan cara belajar yang “Little more fun and easy to see.” Terakhir, dari aspek motivasi, di era digital yang penuh distraksi seperti sekarang para dosen dipandang sudah sepatutnya turut menjadi seorang motivator agar para mahasiswanya memiliki arah masa depan yang jelas.
Kata Kunci: Dosen, Mahasiswa, Kompetensi Komunikasi, Era Digital