PENGARUH SOLVABILITAS, PROFITABILITAS DAN UKURAN PERUSAHAN TERHADAP AUDIT DELAY (Studi Empiris Pada Perusahaan Sektor Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2018)

DWI NURAINUN

Informasi Dasar

20.04.511
657
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Audit delay adalah waktu penundaan pelaporan laporan keuangan perusahaan yang diukur dari tanggal tutup buku laporan keuangan perusahaan hingga dipublikasikan di BEI. Di Indonesia, ketepatan waktu penyajian laporan keuangan perusahaan kepada publik diatur dalam UU No.8 Tahun 1995 tentang “Pasar Modal”. salah satu karakteristik kualitatif dari informasi adalah relevan. Suatu informasi dapat dikatakan relevan jika memiliki nilai peramalan, nilai umpan balik, dan ketepatan waktu. Informasi tidak dapat relevan jika tidak tepat waktu, yaitu, hal itu harus tersedia bagi pengambil keputusan sebelum kehilangan kapasitasnya untuk mempengaruhi keputusan. Ketepatan waktu juga menunjukkan bahwa laporan keuangan harus disajikan pada kurun waktu yang teratur untuk memperlihatkan perubahan keadaan perusahaan yang mungkin akan mempengaruhi prediksi dan keputusan pemakai. Penelitian ini bertujuan untuk menguji bukti empiris baik secara simultan ataupun parsial pengaruh solvabilitas, profitabilitas, dan ukuran perusahaan terhadap audit delay pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode tahun 2013-2018. Penelitian ini terdiri dari 120 sampel sektor pertambangan yang terdaftar di BEI periode tahun 2013- 2018. Sampel diperoleh secara purposive sampling. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskripitif dan regresi data panel. Berdasarkan hasil penelitian, variabel solvabilitas, profitabilitas, dan ukuran perusahaan berpengaruh secara simultan terhadap audit delay. Secara parsial, variabel ukuran perusahaan berpengaruh dengan arah negatif terhadap audit delay. Sedangkan solvabilitas dan profitabilitas tidak berpengaruh terhadap audit delay. Penelitian ini diharapkan dapat dijadikan referensi dan untuk peneliti selanjutnya disarankan untuk menambahkan periode penelitian dan dapat menggunakan objek penelitian yang berbeda. Bagi perusahaan, hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan perusahaan untuk mengganti auditornya. Bagi investor, hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai salah satu informasi untuk pengambilan keputusan dalam berinvestasi.

Kata Kunci: Audit Delay, Solvabilitas, Profitabilitas, dan Ukuran Perusahaan

Subjek

ACCOUNTING
 

Katalog

PENGARUH SOLVABILITAS, PROFITABILITAS DAN UKURAN PERUSAHAN TERHADAP AUDIT DELAY (Studi Empiris Pada Perusahaan Sektor Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2018)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DWI NURAINUN
Perorangan
DEWA PUTRA KHRISNA MAHARDIKA
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini