PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, DIVIDEND PAYOUT RATIO, DEWAN KOMISARIS TERHADAP LAPORAN KEBERLANJUTAN (Studi pada Perusahaan Sektor Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2018)

GIFFARY MAGHFIRA RYANTAMA

Informasi Dasar

20.04.517
657
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Laporan keberlanjutan adalah laporan yang diumumkan kepada masyarakat yang memuat kinerja ekonomi, keuangan, sosial, dan lingkungan hidup suatu lembaga jasa keuangan, emiten, dan perusahaan publik dalam menjalankan bisnis berkelanjutan. Laporan keberlanjutan merupakan suatu bentuk komitmen perusahaan dalam menjalankan bisnis berkelanjutan yang mengusung aspek triple bottom line yaitu aspek keuangan (profit), aspek lingkungan (planet), dan aspek masyarakat (people). Variable independen dalam penelitian ini adalah ukuran perusahaan, dividend payout ratio dan dewan komisaris. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah laporan keberlanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ukuran perusahaan, dividend payout ratio dan dewan komisaris terhadap laporan keberlanjutan pada perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2015-2018. Teknik pemilihan sampel menggunakan purposive sampling dan diperoleh 8 perusahaan dengan pengamatan selama empat tahun sehingga di dapatkan 32 sampel yang di observasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi logistik dengan menggunakan software IBM SPSS 23.0. Berdasarkan hasil penelitian, ukuran perusahaan, dividend payout ratio dan dewan komisaris berpengaruh secara simultan terhadap laporan keberlanjutan. Secara parsial, ukuran perusahaan berpengaruh positif terhadap laporan keberlanjutan. Sedangkan dividend payout ratio dan dewan komisaris tidak berpengaruh terhadap laporan keberlanjutan. Peneliti selanjutnya disarankan dapat menggunakan variabel lain yang dianggap memiliki pengaruh terhadap laporan keberlanjutan dan penelitian selanjutnya disarankan untuk melakukan penelitian berdasarkan sektor atau subsektor perusahaan. Batasan dalam penelitian ini adalah masih sedikitnya sumber penelitian terdahulu yamg meneliti tentang laporan keberlanjutan dan jumlah publikasi laporan keberlanjutan masih rendah di Indonesia.

Kata kunci: Laporan keberlanjutan, ukuran perusahaan, dividend payout ratio, dan dewan komisaris.

Subjek

ACCOUNTING
 

Katalog

PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, DIVIDEND PAYOUT RATIO, DEWAN KOMISARIS TERHADAP LAPORAN KEBERLANJUTAN (Studi pada Perusahaan Sektor Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2018)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

GIFFARY MAGHFIRA RYANTAMA
Perorangan
DEWA PUTRA KHRISNA MAHARDIKA
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini