FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI ADOPSI PELANGGAN DAN NIAT UNTUK MEREKOMENDASIKAN ELECTRONIC WALLET OVO

DEVI YUNNIA ANWAR

Informasi Dasar

111 kali
20.04.559
658.15
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

OVO merupakan layanan penyedia dompet berbasis elektronik untuk melakukan berbagai macam transaksi secara online yang dikembangkan oleh PT. Visionet Internasional. Sejak diluncurkan OVO mengklaim telah memiliki lima sampai sepuluh juta pengguna aktif. Hingga kini OVO masih menyatakan kinerja positif ditengah persaingan layanan keuangan berbasis digital. Indonesia meraih angka pengguna OVO yang terus tumbuh di mana hingga akhir pertengahan Juni 2019 telah mencapai 115 juta pengguna Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh terhadap adopsi pelanggan dan niat untuk merekomendasikan electronic wallet OVO dengan menggunakan model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 2 (UTAUT 2) dengan karakteristik teori diffusion of innovation, perceived technology security dan intention to recommend. Hasil penelitian menyatakan Performance Expectancy, Facilitating Conditions, Price Value tidak memiliki pengaruh secara positif terhadap Behavioral Intention to Adopt. Effort Expectancy memiliki pengaruh secara postitif dan signifikan terhadap Performance Expectancy dan Behavioral Intention to Adopt. Social Influence tidak berpengaruh secara negatif terhadap Behavioral Intention to Adopt. Hedonic Motivation memiliki pengaruh secara positif dan signifikan terhadap Behavioral Intention to Adopt. Innovativeness memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Compatibility dan effort expectancy. Namun, tidak memiliki pengaruh secara positif terhadap Performance Expectancy dan Behavioral Intention to Adopt, Compatibility berpengaruh secara positif terhadap Performance Expectancy, Effort Expectancy, dan Behavioral Intention to Adopt, Perceived Technology Security memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Behavioral Intention to Adopt, Behavioral Intention to Adopt memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Behavioral Intention to recommend.

Kata Kunci: Diffusion of Innovation, Intention to Recommend, Perceived Technology Security, Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 2 (UTAUT 2).

Subjek

FINANCE
 

Katalog

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI ADOPSI PELANGGAN DAN NIAT UNTUK MEREKOMENDASIKAN ELECTRONIC WALLET OVO
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DEVI YUNNIA ANWAR
Perorangan
BRADY RIKUMAHU
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika)
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini