Smartphone sudah menjadi barang yang umum bagi setiap orang. Dari tahun ke tahun kecangihannya terus meningkat. belum lagi dengan harga yang semakin terjangkau membuat siapa saja dapat memilikinya. Kebutuhan akan kemudahan komunikasi dan akses informasi semakin membuat smartphone menjadi barang yang wajib untuk dimiliki. Pilihan jenis dan spesifikasi yang ditawarkanpun semakin beragam. Fitur seperti telepon, sms, dan internet merupakan fitur dasar yang dimiliki oleh smartphone. Seiring berkembangnya zaman smartphone juga mengalami pengembangan yang sangat pesat dengan berbagai promgram aplikasi yang menambah nilai dari smartphone seperti, game, music, social media, voice memo, gallery, video, maps dan lain sebagainya.
Samsung memang masih berada di puncak penjualan smartphone, tetapi usaha dari vendor pesaing mulai membuahkan hasil yang dapat menggoyahkan posisi Samsung sebagai market leader bisnis smartphone. Untuk itu diperlukan suatu tindakan dari Samsung yang dapat meningkatkan pembelian produk oleh konsumen. Berdasarkan uraian tersebut peneliti tertarik untuk dapat menganalisis masalah yang dihadapi oleh Samsung yaitu menurunnya keputusan pembelian, dan menggunakan 4 variable terhadap keputusan pembelian konsumen Samsung.
Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 300 orang. Dan setelah di lakukan olah data melalui SPSS, hasilnya menunjukan bahwa keempat variabel x yaitu product features, brand name, social influence, product sacrifice berpengaruh terhadap purchase intention smartphone samsung di Indonesia.