PERANCANGAN DAN REALISASI ANTENA SUSUNAN MIKROSTRIP DENGAN POLARISASI SIRKULAR MENGGUNAKAN METODE RING SLOT UNTUK SYNTHETIC APERTURE RADAR (SAR)

FARIZ RACHIMAWAN

Informasi Dasar

20.04.603
621.382 4
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Synthetic Aperture Radar (SAR) adalah sebuah sistem radar yang berfungsi sebagai alat citra yang dapat bekerja dalam segala cuaca dan bekerja pada platform yang bergerak pada sepanjang lintasan radar untuk memperbesar aperture antena dan mendapatkan resolusi citra yang baik, dan SAR dapat mendeteksi structural medan bumi, keadaan laut, dan pengintaian serta penargetan informasi untuk operasi militer. Unmanned Aerial Vehicle (UAV) merupakan salah satu wahana udara untuk membantu SAR agar mampu mentransmisikan gelombang elektromagnetik pada suatu ketinggian. Oleh karena itu, direalisasikan antena yang dapat diaplikasikan di sistem radar SAR dengan bekerja pada pita frekuensi 5,8 GHz. Pada penelitian ini dirancang dan direalisasikan susunan antena yang berpolarisasi sirkular bekerja pada pita frekuensi 5,8 GHz (C-Band) dengan bandwidth 100 MHz. Antena ini dibuat dengan metode ring slot untuk memperlebar bandwidth yang diinginkan. Perancangan dan simulasi antena microstrip dilakukan software perancang antena. Realisasi antena menggunakan bahan FR-4 Epoxy sebagai substrat dan tembaga sebagai groundplane serta patch. Hasil dari simulasi perancangan diver?kasi dengan hasil pengukuran antena yang telah terealisasi. Antena yang dihasilkan memiliki nilai return loss sebesar -26,914 dB, VSWR 1,094, dan nilai gain bertambah menjadi 4,710 dBi. Pergerakan perambatan antena padamedanlistrikatau(E-Field)menunjukkankinerjaantenaberpolarisasisirkular, dan dimensi hasil realisasi sebesar 105,20mm×114,70mm.

Subjek

ANTENNAS & PROPAGATION
 

Katalog

PERANCANGAN DAN REALISASI ANTENA SUSUNAN MIKROSTRIP DENGAN POLARISASI SIRKULAR MENGGUNAKAN METODE RING SLOT UNTUK SYNTHETIC APERTURE RADAR (SAR)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FARIZ RACHIMAWAN
Perorangan
DHARU ARSENO, EDWAR
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini