PENGARUH PERILAKU KEUANGAN, PENGETAHUAN KEUANGAN, USIA, PENDIDIKAN DAN PENDAPATAN TERHADAP KEPUASAN KEUANGAN (STUDI KASUS: USIA PRODUKTIF DI KOTA BANDUNG)

ZULLIKA HANIFAH MARDIAN

Informasi Dasar

20.04.616
658.15
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kepuasan keuangan merupakan variabel penting dalam hidup seseorang dan berpengaruh juga pada kekayaan suatu negara. Penelitian mengenai kepuasan keuangan sudah dilakukan sebelumnya oleh beberapa peneliti dan memiliki hasil yang berbeda-beda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah perilaku keuangan, pengetahuan keuangan, usia, pendidikan, dan pendapatn berpengaruh terhadap kepuasan keuangan usia produktif di Kota Bandung. Sampel penelitian ini adalah kelompok usia produktif di Kota Bandung (n=400) menggunakan simple random sampling. Penelitian ini menggunakan sumber data primer dengan kuesioner sebagai instrument dan dianalisis dengan statistik deskriptif dan teknik regresi logistik. Hasil penelitian ini adalah perilaku keuangan, pengetahuan keuangan, usia, pendidikan, dan pendapatan secara simultan memiliki pengaruh terhadap kepuasan keuangan. Perilaku keuangan, pengetahuan keuangan, dan usia masing-masing memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan keuangan. Sedangkan pendidikan dan pendapatan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan keuangan. Perlu adanya perhatian dari Pemerintah mengenai peningkatan kepuasan keuangan usia produktif di Kota Bandung dengan memperhatikan variabel-variabel tersebut.

Kata kunci: Kepuasan Keuangan, Perilaku Keuangan, Pengetahuan Keuangan, Usia, Pendidikan, Pendapatan

Subjek

FINANCIAL MANAGEMENT
 

Katalog

PENGARUH PERILAKU KEUANGAN, PENGETAHUAN KEUANGAN, USIA, PENDIDIKAN DAN PENDAPATAN TERHADAP KEPUASAN KEUANGAN (STUDI KASUS: USIA PRODUKTIF DI KOTA BANDUNG)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ZULLIKA HANIFAH MARDIAN
Perorangan
ANISAH FIRLI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika)
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini