Pengaruh Intellectual Capital Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan (Studi Pada Sub Sektor Farmasi yang Listing di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2018)

NABILA AZAHRA

Informasi Dasar

20.04.619
658
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Dalam menghadapi pergerakan perekonomian yang dinamis serta persaingan diantara perusahaan yang semakin ketat sejak memasuki pasar terbuka Association of Southeast Asian Nations (ASEAN), setiap perusahaan harus senantiasa peka atas tantangan maupun peluang yang ada dalam rangka mempertahankan atau bahkan meningkatkan keunggulan kompetitif baik yang bersifat tangible maupun intangible. Namun, kurangnya kesadaran para pemilik perusahaan atas pentingnya Knowledge-Based Business dalam mengelola pengetahuan yang bersifat dinamis secara cepat membuat perusahaan memperoleh keuntungan yang tidak maksimal. Padahal, jika perusahaan dapat menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan baik maka secara tidak langsung akan meningkatkan kepercayaan investor terhadap perusahaan serta berdampak pada kinerja keuangan perusahaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan pengukuran Value Added Intellectual Capital (VAIC) yang memiliki 3 (tiga) komponen yaitu Value Added Capital Employed (VACA), Value Added Human Capital (VAHU), dan Structural Capital Value Added (STVA) terhadap intangible asset yang dimiliki perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Intellectual Capital terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan yang diproksikan dengan indikator Return On Equity (ROE). Jenis penelitian ini termasuk ke dalam penelitian deskriptif verifikatif kausal dengan populasi yaitu perusahaan Sub Sektor Farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2014-2018. Sampel dipilih menggunakan metode Nonprobability Sampling dengan teknik Purposive Sampling sehingga diperoleh 8 perusahaan sebagai sampel penelitian. Penelitian ini menggunakan model regresi data panel dan pengujian hipotesis baik secara parsial maupun simultan menggunakan uji t dan uji F untuk mengetahui hubungan antar variabel dalam penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial VACA dan VAHU berpengaruh terhadap kinerja keuangan perusahaan, tetapi STVA tidak berpengaruh terhadap kinerja keuangan perusahaan. Sedangkan secara simultan, VACA, VAHU dan STVA bersama-sama berpengaruh terhadap kinerja keuangan perusahaan.

Kata Kunci: Return On Equity (ROE), Structural Capital Value Added (STVA), Value Added Capital Employed (VACA), Value Added Human Capital (VAHU), Value Added Intellectual Capital (VAIC)

Subjek

MANAGEMENT
 

Katalog

Pengaruh Intellectual Capital Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan (Studi Pada Sub Sektor Farmasi yang Listing di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2018)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NABILA AZAHRA
Perorangan
TIEKA TRIKARTIKA GUSTYANA
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika)
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini